Peserta UN 2014 Tak Lulus Diberi Kesempatan Perbaiki Nilai

MEDAN | Ada kesempatan untuk melakukan perbaikan nilai bagi peserta yang tidak memenuhi standar kompetensi lulus pada satuan mata pelajaran dalam pelaksanaan ujian nasioanl (UN) 2014/2015.

KEPALA BARESKRIM“Kita imbau bagi peserta yang berminat mem­perbaiki nilai UN tersebut harus segera mendaftar secara online ke dinas provinsi. Masa pendaftaran akan berakhir pekan depan,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Tinggi Dinas Pendidikan Sumut (Kabid Dikmenti Disdiksu), August Sinaga SSTP SPd MAP, Selasa (20/10/2015), di Medan.

Menurut August, kesempatan ini diberikan sesuai dengan tujuan UN, yaitu mendorong un­tuk tuntas mencapai standar kompetensi yang di­ka­tegorikan dan ujian per­baikan hanya akan dilakukan untuk satuan mata pelajaran yang nilainya kurang dari standar kompetensi.

Pelaksanaan UN perbaikan itu, disebutkan Augut, berdasarkan surat edaran dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) nomor 0062/SDAR/BSNP/IX/2015 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan se-Provinsi, agar melakukan langkah-langkah persiapan terkait hal tersebut dengan meneruskan surat ini ke Disdik kabupaten dan kota untuk disampaikan ke satuan pendidikan jenjang SMA sederajat.

Pendaftaran calon pe­serta akan berakhir pada 23 Oktober 2015 dan verifikasi peserta hingga 15 November. Sedangkan ujiannya dilaksanakan 22 Februari 2016.

Dijelaskan August, perbaikan nilai UN itu akan dilakukan dengan berbasis komputer. Sedangkan ujian dilaksanakan di SMA/SMK di domisili siswa saat ini. “Ujian perbaikan ini meru­pakan pilihan dan tidak wajib bagi peserta UN 2015 yang lulus dari satuan pendidikan pada jenjang SMA sederajat maupun program paket kesetaraan C,” ungkap August.

Sedangkan materi UN per­baikan 2015 sesuai dengan kisi-kisi UN 2015. Hasil UN dilaporkan dalam bentuk SKHUN yang memuat nilai mata ujian yang ditempuh pada UN perbaikan dan ditandatangani Ketua pelaksana UN perbaikan yang ditetapkan badan pene­litian dan pengembangan Kemen­dikbud.

Pesyaratan peserta UN perbaikan ini, kata August, bagi yang memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 55 pada mata ujian tertentu atau menempuh ujian secara lengkap dan hanya untuk mata pelajaran yang belum mencapai standar kompetensi.

Dijelaskannya, peserta yang melakukan pendaftaran dengan nomor peserta UN 2015 seperti yang tertera pada kartu peserta UN 2015. Hasil UN perbaikan akan diumumkan pada 19 Maret 2016. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *