Ampun Deh!!! Biaya Gali Kuburan Saja Mengkuras Kantong

MEDAN | Masyarakat di Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan mengaku mengeluh dengan harga yang dipatokkan penggali kubur untuk menggali 1 lubang di pekuburan Muslim Belawan Lama.

KEPALA BARESKRIMPenggali kubur meminta tarif Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu, dan jika uang tersebut tidak dipenuhi, maka penggali tersebut akan marah-marah.

Menurut warga sekitar yang tidak ingin namanya ditulis mengaku menjadi korban malu penggali kuburan tersebut. Menurutnya tarif 1 lubang kuburan sangat ‘menjerat leher’ para warga terutama warga miskin.

“Keluarga kami kemarin ada yang meninggal. Kami ini orang miskin, saat kami mau memberikan uang untuk menggali kuburan tersebut, penggalinya minta uang Rp 400 ribu, dari mana kami dapat uang sebanyak itu, sementara kami saat itu juga sedang berduka cita,” ujar warga tersebut.

Saat warga memberikannya uang sebesar Rp 150 ribu, lantas penggali kubur ini marah-marah dan langsung menolaknya. “Aku kasih 150 pak, dia ngamuk-ngamuk, itupun sukur saja aku masih ada uang, seharusnya penggali kubur juga mengerti kondisi warganya,” ujarnya.

Menurutnya, setiap bulannya penggali kubur ini mengutip uang kebersihan untuk perkuburan tersebut di setiap rumah-rumah warga. “Lebih dari seribu warga di Kelurahan ini, jika setiap rumah memberikan minimal seribu saja, sudah lebih satu juta dapatnya perbulan,” ujarnya.

Selain itu, menurut warga, bahwa pemerintah telah memberikan bantuan gaji pada penggali kubur, dan seharusnya penggali kubur menerima seikhlas hatinya upah yang diberikan warga dan jangan mematokkan tarif yang terlalu tinggi.

“Kami harap penggali kubur disini jangan memasang tarif yang tinggi, karena warga miskin belum tentu sanggup membayarnya,” ujarnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *