Pangkostrad di Unimed Bahas Kemajuan Bangsa

MEDAN | Panglima Komando Strategi Cadangan Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Edy Rahmayadi memberikan kuliah umum di Auditorium Universitas Negeri Medan (Unimed), (28/11/2015).

KEPALA BARESKRIMPada ceramahnya dihadapan mahasiswa Unimed, Pangkostrad membahas tentang kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kemajuan bangsa yang ditentukan oleh melimpahnya sumber daya alam (SDA).

Dalam kuliah umum itu Pangkostrad me­­motivasi sekaligus mengajak maha­­siswa membangun daerah khusus­­­nya dan Indonesia umum­nya. Menurutnya, mahasiswa berperan memajukan bangsa.

Jenderal bintang tiga ini me­ma­par­kan tentang peranan ge­nerasi muda Sumut dalam meng­hadapi masya­rakat ekonomi Asean (MEA).

Menurut­nya, perguruan tinggi bisa menjadi pusat dan se­­ka­ligus penggerak ino­vasi dan aplikasi teknologi seka­ligus entre­preneurship dan techno­preneurship.

“Berbekal ilmu pengetahuan, inovasi, entrepreneurship dan technopreneurship, kita tidak perlu takut dengan di­ber­laku­kannya MEA. Sebab selain SDM kita cukup juga SDA. Ka­re­na itu jangan pernah merasa terancam dengan kehadiran MEA, tapi jadikan sebagai tan­tangan dan peluang,” ujarnya.

Dia juga meng­ingat­kan untuk mewaspadai se­kecil apa­pun ancaman teroris. Me­nurut­nya, kegiatan radikal teroris ber­­kem­bang dalam menunjukkan jati diri atas ketidakpuasan me­re­ka­.

“Mari sama-sama kita was­padai dan tingkatkan jiwa juang. Sumber daya manusianya siap­kan sehingga kita tak pernah ka­lah pada siapapun,” katanya di­dam­pingi Rektor Unimed, Prof Syawal Gultom usai diskusi pub­lik kerjasama Unimed dan Ba­kohumas Propsu.

Kadis Kominfo Sumut, Drs Jumsadi Damanik SH MHum mengatakan, dalam menghadapi MEA diperlukan kontribusi dari perguruan tinggi serta lembaga pendidikan, kajian dan penelitian agar Indonesia khususnya Sumut berada pada posisi yang unggul.

“Perguruan tinggi bisa masuk ke segala lini dan tentu memilki re­levansi, seperti penyiapan sum­ber daya manusia sesuai dengan keperluan,” katanya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *