Peringatan AIDS | Hindari Virusnya Jangan Orangnya

MEDAN | Puluhan mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara mensosialisasikan bahaya HIV/AIDS melalui aksi damai turun ke jalan Balai Kota, Selasa (1/12/2015).

KEPALA BARESKRIMAksi yang dilakukan dalam memperingati hari AIDS se-Dunia yang tahun pada 1 Desember. Dengan membawa spanduk bertuliskan stop HIV/AIDS di Sumatera Utara, para mahasiswa mengajak masyarakat untuk waspadai HIV/AIDS.

Menurut Ketua Fakultas Kesehatan Masyarakat USU, Alvin, gaya hidup masyarakat modern dengan menggunakan jarum suntik yang tidak steril, seks bebas, serta transfusi darah yang tidak steril memudahkan penularan HIV/ AIDS.

“Penyebaran HIV/AIDS sudah sangat cepat dan banyak, sehingga mengancam kehidupan masyarakat terkhusus generasi muda di Kota Medan. Untuk itu, kita menghimbau kepada masyarakat untuk waspada penyebaran HIV/AIDS,” ujarnya.

Dikatakannya, mahasiswa kesehatan USU akan terus berupaya mensosialisasikan bahaya HIV/ AIDS kepada masyarakat. “Kita akan menjelaskan bagaimana bentuk penularannya serta pencegahan yang bisa dilakukan. Kampanye peduli HIV/AIDS agar memahami pentingnya melakukan pola hidup sehat serta memerangi HIV AIDS di Kota Medan,” pungkasnya.

Aksi serupa juga dilakukan mahasiswa UMSU di tempat yang sama. Para mahasiswa ini berorasi dan membentangkan spanduk.

Ketua Himpunan Agroekoteknologi UMSU, Ibnu Maja mengatakan, aksi yang dilakukan sebagai bentuk kampanye dan memberikan sosialisasi kepada anak muda guna menghindari seks bebas.

“Kami memperingati hari HIV/AIDS, kami menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati waspada penyebaran virus HIV/AIDS ini. Apalagi, hingga sekarang penyakit ini belum ada obatnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, selaku mahasiswa ingin menjadi pelopor dalam menyebarluaskan kepada masyarakat untuk menjauhi penyakit HIV/AIDS. Apalagi perkembangan penyakit ini semakin meningkat saban tahun.

“Hindari virusnya bukan orangnya. Jangan berhubungan seks bebas, perkembangan virus meningkat sehingga harus waspada,” pungkasnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *