Pemilih Pakpak Bharat Tertinggi di Sumut

MEDAN | KPU mencatat tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Pakpak Bharat mencapai 86 persen. Angka tersebut menunjukkan Pakpak Bharat sebagai daerah dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi di Sumatera Utara.

Namun anggota KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan, pihaknya belum bisa mempublikasikan persentasi tingkat partisipasi di seluruh daerah yang menyelenggarakan karena untuk tingkat kabupaten/kota belum melakukan penghitungan resmi.

“Sekarang ini masih perhitungan rekap di tingkat kecamatan. Nanti tanggal 17-18 Desember 2015 baru digelar penghitungan resmi di seluruh tingkat kabupaten/kota,” kata Benget, (10/12/2015).

Sedangkan daerah dengan tingkat partisipasi pemilih terendah adalah Kota Medan yang hanya berkisar 28 persen. Kondisi ini, kata Benget, bukan hanya tanggung jawab KPU.

“Partisipasi pemilihnya memang rendah. Tapi kami sudah lakukan seoptimal mungkin. KPU bukan faktor utama rendahnya pemilih. Partai politik dan kultur sosial juga bertanggungjawab. Maka dari itu, mari kita evaluasi bersama,” katanya.

Sementara data perhitungan suara untuk Pilkada Kabupaten Pakpak Bharat yang dikutip dari https://pilkada2015.kpu.go.id telah rampung 100%. Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Remigo Yolando – Maju Ilyas Padang memperoleh suara perbanyak sekitar 57,36% atau 15.658 suara; pasangan urut 2 Jujur Solin – Catra Boangmanalu mendapat 0,23% atau 62 suara.

Sementara pasangan nomor urut 3 yakni August P Tumanggor – Abdul Kadir Angkat memperoleh 42,41% atau sebanyak 11.576 suara. Jumlah TPS yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat sekitar 109 TPS. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *