Kapolda: Sumut Rawan Aksi Terorisme

MEDAN | Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang berpotensi rawan terhadap aksi terorisme. Untuk antisipasi, maka Kapolda Sumut membuat surat perintah tentang penjabaran tugas apabila terjadi aksi terorisme.

KEPALA BARESKRIMSurat Telegram dengan Nomor STR/26/I/2016 tanggal 23 Januari 2016 disampaikan kepada para Kasatwil sejajaran Polda Sumut, dengan tujuan agar mengantisipasi dan tidak lengah terhadap aksi terorisme, mengingat wilayah provinsi Sumut merupakan daerah potensi yang rawan terhadap aksi terorisme.

Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf kepada wartawan, Rabu (27/1/2016).

Untuk itu, sebutnya, perlu melakukan kegiatan operasi secara maksimal dengan langkah-langkah mendeteksi secara cermat ancaman aksi teroris dan pengawasan serta pemantauan secara ketat.

Kemudian berdayakan Polmas dan seluruh personil guna meningkatkan partisipasi masyarakat ikut serta membantu dan mendukung tugas Polri dengan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, tokoh agama, adat, pemuda dan tokoh masyarakat.

Lalu, katanya, lakukan upaya preventif guna menjaga rasa aman terhadap masyarakat melalui kegiatan patroli dialogis. Penegakan hukum termasuk penyelidikan untuk menemukan calon pelaku sebagi sasaran.

Begitu juga, agar seluruh personil Polri khususnya jajaran Polda Sumut agar tetap proaktif deteksi dini mencegah terjadinya aksi terorisme di wilayah Provinsi Sumatera Utara dengan mensiagakan kekuatan cadangan dan peralatan yang cukup dan seimbang untuk sewaktu-waktu dapat segera digerakkan dalam mengatasi keadaan yang tidak terkendali. (jul/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *