Kabarnya Sebulan Lagi Audit Dugaan Korupsi Tirta Kualo Tanjungbalai Diterima

MEDAN (bareskrim.com) | Pihak Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sumut diminta memfasilitasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sumut, agar proses pengauditan dugaan korupsi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo Tanjungbalai berjalan cepat dan pihak penyidik dapat secepatnya menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

KEPALA BARESKRIM“Jika proses pengauditan ingin dilakukan cepat, maka Polda Sumut harus memfasilitasi BPK. Selain itu kita juga berharap agar BPK secepatnya melakukan pengauditan,” kata pengamat hukum, Afrizon Alwi, SH MH saat dihubungi wartawan via telepon seluler, Selasa (29/3/2016).

Afrizon menambahkan, proses penyidikan yang dilakukan Polda Sumut sudah sesuai dengan prosedur. Polda tidak akan gegabah secepatnya menentukan tersangka jika hasil kerugian negara belum diketahui.

“Jika hasil audit belum keluar, memang belum bisa dikatakan adanya penyimpangan anggaran dalam kasus tersebut, dan Polda dinilai sudah sesuai dengan prosedur. Karena apabila dari hasil audit BPK tidak ada kerugian negara, tentu saja kasus tersebut tidak bisa lanjut. Oleh karena itu penetapan tersangka dapat dilakukan jika adanya kerugian negara,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sumut, AKBP Nicholas melalui Kanit III, Kompol Ramlan mengatakan, mantan Direktur PDAM Tirta Kualo Tanjungbalai, ZS dapat diperiksa kembali tergantung keperluan penyidikan yakni dibutuhkannya keterangan tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *