Puluhan Ribu Miras Asal Negeri Singa Gagal Masuk ke Sumut

BELAWAN (bareskrim.com) | Bea dan Cukai menggagalkan penyelundupan 42.058 botol minuman keras (miras) asal negeri Singa (Singapura) yang akan masuk ke Pelabuhan Belawan.

KEPALA BARESKRIMMiras itu diangkut dengan tiga kontainer itu masuk melalui jalur laut sebelumnya disebut sebagai bijih plastik.

“Penyelundupan digagalkan setelah petugas melakukan analisa informasi intelijen. Kita mencurigai isi 3 kontainer berukuran 40 feet yang masuk ke Pelabuhan Belawan pada 2 Maret lalu,” kata Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi di Belawan, Jumat (8/4/2016).

Dalam dokumen yang diberikan importir PT IJP, kontainer berisi 74.250 Kg linear low density poly ethylenel (LLDPE) atau bijih plastik.

“Kontainer itu masuk melalui jalur kuning, sehingga hanya dilakukan pemeriksaan berkas dokumen, tanpa pemeriksaan fisik barang,” ujarnya.

Penyelundupan miras diperkirakan menyebabkan kerugian negara sekitar Rp 13,6 miliar dari sektor pajak. “Jika sampai lolos ke pasaran, importir lainnya yang membayar pajak-pajak impor, juga dirugikan. Sudah 3 orang diperiksa Bea Cukai sebagai saksi dalam kasus penyelundupan ini,” jelasnya.

Pelaku penyelundupan melanggar Pasal 103 huruf a jo Pasal 102 huruf h UU No 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan. “Mereka terancam hukuman 1 hingga 10 tahun penjara dan atau denda Rp 50 juta hingga Rp 5 miliar,” pungkasnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *