Petani Sawit Masuki Masa Replainting | Asian Agri Siapkan Bibit Topaz

MEDAN (bareskrim.com) | Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sumut, Gus Dalhari Harahap mengusulkan sekitar 10.000 hektar tanaman sawit untuk diremajakan dengan dana BPDPS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit).

KEPALA BARESKRIM“Apkasindo sudah mengusulkan 10.000 Ha lahan petani sawit untuk mendapatkan dana replanting dari BPDPS, saat ini masih menunggu berapa yang akan mendapat hibah dana replanting dari BPDPS. Apkasindo sendiri sudah melakukan sosialisasi agar petani benar-benar bisa siap ikut dalam program replanting secara swakelola,” katanya, Kamis (28/4/2016), di Medan.

Dia menegaskan, total tanaman tua sawit petani yang berkisar 60 persen dari luasan 400.000 hektare sangat meresahkan. Dianggap meresahkan karena tanaman tua itu akan merugikan petani dan pemerintah karena hasilnya sudah tidak maksimal.

“Mudah-mudahan dana replanting dari BPDPS bisa segera terealisasi. Sebenarnya dewasa ini sudah banyak juga kelompok tani yang sudah maju dan bersertifikasi,” katanya.

Gus juga berharap program replanting sawit petani di Sumut mendapat dukungan dari perusahaan benih, seperti Asian Agri.

Asian Agri, sebagai perusahaan kelapa sawit ternama di Indonesia, siap mendukung program pemerintah membantu peremajaan atau replanting tanaman sawit petani yang berusia tua dengan menyiapkan bibit unggul ‘Topaz’ dalam rangka intensifikasi kebun rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *