Kemitraan, Kunci Sukses Asian Agri Rangkul Petani Plasma

PEKANBARU (bareskrim.com) | Kemitraan merupakan kunci kesuksesan Asian Agri dalam mengelola petani plasma selama lebih dari 28 tahun. Asian Agri berupaya memperluas kemitraan dengan petani swadaya, yakni para petani sawit yang ada di sekitar unit-unit bisnis perusahaan.

KEPALA BARESKRIM“Kesuksesan kami (Asian Agri) selama 28 tahun bermitra dengan petani plasma, mendorong perusahaan untuk mengembangkan kemitraan dengan lebih banyak petani sawit lagi. Maka sejak 2012 kami mulai menjalin kemitraan dengan petani swadaya dan sampai bulan Mei 2016, Asian Agri sudah bermitra dengan 6.357 KK petani swadaya, dengan luasan kebun yang telah mendapatkan pembinaan adalah 21.252 Ha. Kemitraan dengan petani sudah dijadikan sebagai salah satu bahagian dari model bisnis unggulan kami, dimana saat ini 50% dari pasokan TBS yang diolah merupakan TBS yang berasal dari para petani binaan,” ujar Pengarapen Gurusinga pada saat kunjungan rombongan Dinas Perkebunan Sumatera Utara, Apkasindo (Assosisasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) Sumatera Utara, Bank Syariah Mandiri dan Bank Sumut ke kebun petani binaan Asian Agri, 14 Juni 2016.

Pada kunjungan tersebut, seluruh rombongan dibawa langsung untuk melihat lahan petani binaan Asian Agri yang tergabung didalam KUD Mulus Rahayu berlokasi di Kampung Delima Jaya Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau.

Kebun sawit KUD Mulus Rahayu adalah kebun sawit binaan Asian Agri yang saat ini sedang melaksanakan replanting dan berhasil sebagai petani sawit pertama di Indonesia yang mendapatkan dana bantuan peremajaan sawit dari BPDP-KS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) pada 5 April 2016.

Keberhasilan petani binaan Asian Agri inilah yang menjadi daya tarik, sehingga rombongan Dinas Perkebunan Sumut, Apkasindo dan perbankan turun melihat langsung kondisi lahan petani yang dalam proses replanting serta berbagi pengalaman bagaimana kelompok tani ini berhasil mendapatkan hibah dana replanting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *