Ayo!!! Shalat Berjamaah

Oleh: Mahmud Yunus Daulay, MA

Di luar bulan Ramadhan, kita akan saksikan sebahagian besar masjid-masjid kosong dari jamaah.

ustad yunus-240x247Pemandangan ini terjadi hampir di setiap masjid termasuk di masjid yang dikelola oleh organisasi massa yang memiliki pengikut yang banyak.

Mengapa ini bisa terjadi? Kenyataan ini terjadi karena sebagai umat Islam, tidak memahami syariat khususnya yang berkaitan dengan shalat Jamaah. Karena ketidakfahaman ini, kita menganggap bahwa shalat jamaah hanyalah sunnat hukumnya.

Shalat berjamaah adalah termasuk dari Sunnah (yaitu jalan dan pertunjuknya) -bukan sunnat- Rasulullah dan para sahabatnya.

Rasulullah dan sahabatnya selalu melaksanakannya, tidak pernah meninggalkannya kecuali ada uzur yang syari. Bahkan ketika sakitpun Rasulullah SAW tetap datang ke masjid, dan ketika sakitnya semakin parah Beliau memerintahkan Abu Bakar menjadi imam untuk memimpin para sahabat.

Kalau kita membaca dan memperhatikan dengan sebaik-bainya Al-Quran dan As-Sunnah serta pendapat dan amalan sahabat ataupun salafus shalih maka kita akan mendapati dalil-dalil tersebut menjelaskan kepada kita akan wajibnya shalat berjamaah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *