17 ABK Buronan Argentina Asal Tiongkok Dideportasi

MEDAN (bareskrim.com) | Lantamal I Belawan bersama pihak imigrasi memulangkan 17 dari 25 Anak Buah Kapal (ABK) Fv Hua Li 8 asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) via Kualanamu International Airport (KNIA) pada (15/7/2016).

KEPALA BARESKRIMKe 17 ABK itu adalah Tang Tianwen, Wang Chongfu, Xiang Zhongjin, He Hanzhi, Li Zuoyuan, Zhao Xinshe, Chen Zhang, Wang Mainlun, Xu Yong, He Suanyi, Huang Jinping, Liu Guanzhou, Tang Chengmin, Qiu Liangyong, Yang Hui, Yang Yuancheng dan Zhao Xiaojuan.

“Para ABK diamankan Satgas Ilegal Fishing Lantamal I Belawan pada 22 April 2016 lalu, atas kerjasama Pemerintah Argentina dengan Indonesia,” kata Danlantamal I, Komandan Lantamal l, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Sabtu (16/7/2016).

Widodo mengatakan, pemulangan para ABK ini mengacu pada rapat satuan tugas pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal (Satgas 115) dengan Pemerintahan Argentina serta Kementerian Kelautan dan perikanan selaku Komandan Satgas 115, yang memutuskan dan memerintahkan untuk memulangkan ABK kapal FV Hua Li 8 ke negara asalnya.

“Untuk proses hukumnya bukan dilakukan di Indonesia. Sebelumnya kita mendata dan dan melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK yang akan diberangkatkan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *