Sumut Belum Nikmati Bonus Demografi

MEDAN (bareskrim.com) | Masih belum optimalnya program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengakibatkan provinsi ini belum akan dapat menikmati bonus demografi pada tahun 2030.

KEPALA BARESKRIMMenurut Deputi ADPIN BKKBN, Abidinsyah Siregar, kondisi demografi di Sumut belum seperti yang diharapkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, masih banyak ditemui keluarga di Sumut yang memiliki anak lebih dari dua yang berarti akan semakin memberatkan beban hidup suatu keluarga.

“Program KKB di Sumut belum berjalan maksimal, masih banyak keluarga yang memiliki anak lebih dari tiga. Kondisi ini harus diwaspadai,” kata Abidin, kemarin, di Medan.

Abidinsyah menambahkan, apabila program KKB berjalan, maka kesempatan keluarga tersebut untuk memperoleh kualitas hidup yang layak akan sangat mudah terpenuhi.

“Jika suatu keluarga terdapat dua anak, maka anak tersebut dipastikan akan mendapatkan pendidikan yang tepat dan pekejaan yang cocok nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, provinsi di Indonesia yang akan memperoleh bonus demografi pada tahun 2030, yaitu Bali, Sumatera Selatan (Sumsel), Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan (Kaksel), Sulawesi Utara (Sulut), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan beberapa provinsi lainnya.

Diperkiran pada tahun tersebut generasi usia produktif di provinsi-provinsi tadi dapat memberikan kontribusi besar terhadap daerahnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *