Besok!!! Pertemuan Dewan Pers dengan Panglima TNI Bahas Kekerasan Jurnalis di Medan

MEDAN (bareskrim.com) | Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo kabarnya besok (8/9/2016), akan mengadakan pertemuan dengan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, di Jakarta.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimPertemuan tersebut menyangkut persoalan dugaan kekerasan, pelecehan dan penghalangan peliputan yang menimpa jurnalis saat meliput di Kelurahan Sari Rejo Medan, Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu lalu.

Adapun point penting yang akan disampaikan Stainley, sapaan akrabnya, ke Panglima TNI, berupa desakan agar pelaporan yang sudah dilakukan lima orang jurnalis dari berbagai media ke Polisi Militer Angkatan Udara (POM AU) Lanud Soewondo segera diproses dan diselesaikan.

“Kita desak agar pelaporan segera diproses. Baik proses hukum maupun etika, sesuai dengan hukum militer yang ada. Kita minta juga karena ada Undang-undang Pers, maka itu bisa juga dimasukkan di dalam pertimbangan, proses penuntutan ke anak buah,” jelas Ketua Dewan Pers dalam siaran persnya yang diterima, Rabu (7/9/2016).

Setelah diberitahukan secara langsung kepada Panglima TNI, selanjutnya Dewan Pers akan terus melakukan pemantauan perkembangan kasus yang terjadi di Medan. “Kita belum tahu untuk selanjutnya. Namun, kita akan menunggu prosesnya. Kita percayakan kepada Panglima TNI untuk penyelesaian kasus dari permasalahan ini,” tegasnya.

Agenda lain dari pertemuan dengan Panglima TNI, Dewan Pers akan mengusulkan dilakukan nota kesepahamanan atau memorandum of understanding (MoU) antar dua lembaga tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *