Besok!!! Para Jurnalis Medan Gelar Aksi Tutup Mulut di HUT TNI

MEDAN (bareskrim.com) | Besok, 5 Oktober 2016, bertepatan dengan peringatan HUT TNI ke 71, para jurnalis di Medan, Sumut, akan menggelar aksi solidaritas tutup mulut sebagai bentuk kecaman terhadap TNI yang kerap melakukan kekerasan kepada jurnalis saat melakukan peliputan.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimSalah satu contoh seperti kasus kekerasan dan pelecehan yang dilakukan oknum TNI AU Lanud Soewondo kepada lima wartawan dan seorang wartawati di Medan pada 15 Agustus 2016, ketika meliput bentrok antara warga Sari Rejo dengan oknum TNI AU dalam kasus sengketa lahan, yang hingga saat ini kasusnya belum terselesaikan.

Kelima wartawan yang menjadi korban kekerasan oleh prajurit TNI AU Lanud Soewondo tersebut masing-masing Safrin dari iNews TV MNC Group, Array Argus dari Harian Tribun Medan, Teddy Akbari dari Harian Sumut Pos, Fajar Siddik dari medanbagus.com, dan Prayugo Utomo dari menaranews.com, dan seorang wartawati bernama Del dari matatelinga.com satu-satunya korban yang mendapat pelecehan.

Aksi solidaritas tersebut merupakan gabungan dari sejumlah organisasi pers, diantaranya Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) dan lainnya.

Menyikapi rencana aksi, Jurubicara Pengurus Besar AMCI, Suhardiman ketika dikonfirmasi mengatakan, aksi damai para jurnalis ini dilakukan sebagai bentuk rasa kebersamaan dalam menyikapi kekerasan yang dilakukan oknum TNI AU Lanud Soewondo beberapa waktu lalu terhadap jurnalis/wartawan saat meliput aksi bentrokan antar warga dan TNI AU dalam sengketa tanah Sari Rejo.

Dimana para jurnalis yang sedang bertugas melakukan peliputan menjadi korban pemukulan, perampasan maupun pelecehan seksual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *