Satgas Saber Pungli Medan harus Bergerak Cepat Tindak Oknum Nakal

Catatan: Padian Adi S Siregar

Walikota Medan kabarnya telah membentuk Satgas Saber Pungli Kota Medan sebagai tindak lanjut kebijakan Presiden Jokowi dalam memberantas pungli pada sektor pelayanan publik.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimSatgas Saber Pungli Kota Medan terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan dan akademisi. Satgas Saber Pungli diharapkan dapat memutus mata rantai dugaan praktek pungli yang selama ini kerap terjadi di instansi pelayanan publik di Kota Medan seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu, dan Kantor Kecamatan/Kelurahan.

Pungli menjadi persoalan kronis yang kerap dikeluhkan oleh warga pada saat berurusan dengan pelayanan publik. Dua di antara banyak praktek pungli yang dikeluhkan warga Pengurusan administrasi kependudukan dan pungli petugas parkir ilegal.

Tidak adanya penerapan SOP yang jelas dalam pengurusan administrasi kependudukan, patut diduga menjadi celah bagi oknum nakal mengutip pungli dari warga. Birokrasi yang panjang dan lambat menyebabkan warga enggan mengikuti prosedur yang berlaku, sehingga oknum nakal memaksa warga untuk memberikan ‘uang terimakasih’, agar lebih mudah berurusan. Pengurusan administrasi kependudukan bisa lebih cepat apabila warga memberikan ‘upeti’ kepada oknum kecamatan/kelurahan.

Petugas parkir ilegal juga kerap meresahkan warga Kota Medan ketika memarkir kenderaannya di pinggir jalan. Petugas yang mengutip parkir seringkali tidak punya identitas dan memaksa warga membayar tarif parkir di luar ketentuan yang berlaku serta tidak diberikan karcis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *