Amankan Unjukrasa 4 November | Polda Sumut Kerahkan 10 Ribu Personel

MEDAN (bareskrim.com) | Diperkirakan 980 orang elemen umat Islam Sumut terdiri dari Forum Umat Islam (FUI) Medan, Ikatan Masyarakat Muhammadiyah (IMM), Hidayatullah, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pemuda Muhammadiyah, Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Sumut, Muhammadiyah Deliserdang, Alwasliyah Sumut, Peta Sumut dan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), berencana menggelar aksi unjukrasa pada (4/11/2016), terkait dugaan penistaan agama Islam oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimMenghadapi unjukrasa tersebut Polda Sumatera Utara dalam melakukan pengamanan melibatkan sebanyak 9886 personel, sedangkan untuk Medan sebanyak 850 personel ditambah 1 Kompi.

Ada pun lokasi-lokasi pengamanan unjuk rasa yaitu di Lapangan Merdeka Medan, Mesjid Agung Medan, Kantor Gubsu dan di Gedung DPRD Sumut. Para pengunjukrasa rencananya akan melalui route (start) Mesjid Agung di Jalan Diponegoro – Jalan Pengadilan- Jalan Raden Saleh – Jalan Stasiun Kereta Api – Jalan MT Haryono – Jalan Cirebon – Jalan Sisingamangaraja dan finish di Mapolda Sumut.

Disebutkan tuntutan massa pengunjuk rasa adalah menyesalkan dan mengecam indikasi penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama, mendukung Fatwa MUI terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta, mendesak Kepolisian untuk segera melakukan proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk wilayah hukum Deliserdang, rencananya pada pukul 14.00 WIB setelah selesai sholat Jumat direncanakan Muhammadiyah Deliserdang dengan jumlah massa 50 orang akan ikut bergabung dengan GAPAI (Gerakan Anti Penistaan Agama Islam) Sumatera Utara untuk melakukan orasi/aksi di Mapolda Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *