Penyelundupan Belasan Ton Bawang Merah Impor Rugikan Negara hingga 700 Juta Rupiah

MEDAN (bareskrim.com) | Sebanyak 18 Ton bawang merah asal India tanpa dilengkapi dokumen yang coba diselundupkan ke Medan, diamankan petugas Subdit I Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut, dari sebuah gudang di Jalan Sunggal Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (23/11/2016).

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimBawang merah yang terbungkus karung jaring plastik seberat 9 Kg (dengan total 2100 karung) itu masih berada di dalam dua unit truk Colt Diesel saat dipergoki petugas. Selanjutnya, kedua truk tersebut digelandang ke Mapolda Sumut berikut dua orang sopir berinisial AR, SP dan kernet berinisial SG, MW untuk pemeriksaan lanjut.

Direktur Reskrimsus, Kombes Toga Habinsaran Panjaitan melalui Wadirreskrimsus, AKBP Maruli Siahaan didampini Kasubdit I Indag, AKBP Ikhwan Lubis kepada awak media mengatakan, pengungkapan penyelundupan bawang merah asal India atas informasi masyarakat.

Petugas Subdit I Indag lantas melakukan penyelidikan di lapangan dan terbukti bahwa di gudang bermerek Arimbi ditemukan dua unit mobil Colt Diesel bernomor polisi (BK 8401 CE) dan (BL 8596 Z) bermuatan bawang merah.

“Informasinya dari masyarakat. Lalu kita selidiki ternyata benar. Dan ketika ditanyakan dokumen mereka (sopir dan kernet) mengatakan tidak ada. Nah, kemudian kita amanakan,” ujar Maruli, Rabu (23/11/2016).

Namun ketika disinggung tetang pemilik gudang, apakah turut juga diamankan, Maruli bilang belum ketemu dan masih lidik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *