Pakar Hukum Nilai PKK di Aceh Tamiang Tak Tahu Tugas dan Fungsinya

KARANGBARU (bareskrim.com) | Raja Pangihutan SH, Pakar Hukum di Kabupaten Aceh Tamiang menilai sebagian besar PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) yang berkaitan pelelangan atau tender barang dan jasa, tidak tahu tugas dan fungsinya.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrim“Hal ini terjadi karena ketidaktahuan dan kurangnya kompetensi PPK. Sebagian besar aparat atau petugas yang diamanahkan bukan karena memang pantas menjadi PPK, melainkan karena menduduki jabatan eselon tertentu,” ucap Raja, kemarin.

Menurutnya, berdasarkan Pasal 11 Perpres nomor 54 tahun 2010, tugas pokok dan kewenangan PPK adalah menetapkan rencana pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang meliputi spesifikasi teknis barang/jasa, menetapkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS), membuat rancangan kontrak, menerbitkan surat penunjukan penyedia barang/jasa, menandatangani kontrak, melaksanakan kontrak, mengendalikan pelaksanaan kontrak, melaporkan pelaksanaan/penyelesaian kepada PA/KPA, menyerahkan hasil pekerjaan pada PA/KPA dengan Berita Acara Penyerahan, melaporkan kemajuan pekerjaan termasuk penyerapan anggaran dan hambatan pelaksanaan pekerjaan kepada PA/KPA setiap triwulan, menyimpan dan menjaga keutuhan seluruh dokumen pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Raja menambahkan, selain tugas pokok dan kewenangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dalam hal diperlukan, PPK dapat mengusulkan kepada PA/KPA, perubahan paket pekerjaan, dan/atau perubahan jadwal kegiatan pengadaan, menetapkan tim pendukung, menetapkan tim atau tenaga ahli pemberi penjelasan teknis untuk membantu pelaksanaan tugas ULP dan menetapkan besaran uang muka yang akan dibayarkan kepada penyedia barang/jasa.

“Sudah selayaknya Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melakukan uji kompetensi bagi para PPK, agar pelaksanaan setiap paket pekerjaan di masing-masing dinas dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan pihak pelaksana pekerjaan dapat bekerja lebih profesional,” ungkap Raja. (wdm/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *