10 Mega Proyek Nasional Berada di Sumut Terkendala Masalah Pembebasan Lahan

JAKARTA (bareskrim.com) | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi melaporkan masalah pembebasan lahan yang menjadi kendala pelaksanaan mega proyek strategis nasional di Provinsi Sumut.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrim“Kami melaporkan kondisinya, perkembangannya, dan kendala- kendalanya mengenai beberapa proyek strategis nasional di Sumatera Utara antara lain jalan tol, pelabuhan Kuala Tanjung, kawasan Danau Toba dan kawasan industri. Jadi, kendala itu banyak di masalah pembebasan lahan,” kata Erry seusai menghadiri rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden di Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Presiden Joko Widodo menekankan percepatan pembangunan infrastruktur sebagai kunci bagi kesejahteraan Provinsi Sumatera Utara. “Alasannya karena di atas lahan tersebut ada sengketa, kemudian ada penduduk yang menempati tempat itu sudah cukup lama, kemudian ada yang berada di kawasan hutan sehingga berdasarkan aturan kita tidak boleh memberikan ganti rugi karena kawasan hutan, tetapi masyarakat sudah ada di sana sejak puluhan tahun. Nah, inilah tadi yang kita sampaikan untuk dicarikan solusinya,” ungkap Erry.

Sebagai salah satu solusi, Presiden akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) khusus untuk pembebasan lahan yang berhubungan dengan kawasan hutan.

“Tadi, Menteri ATR (Agraria dan Tata Ruang) menyampaikan akan ada Perpres mungkin khusus yang akan dikeluarkan untuk pembebasan lahan yang berhubungan dengan kawasan hutan tersebut. Bukan hutan adat, tapi kawasan-kawasan hutan. Itu yang tadi disampaikan. Tapi, pembangunan secara umum sih oke semuanya,” tambah Erry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *