Petani Aceh Tamiang Beralih Gunakan Mesin Panen Padi

ACEH TAMIANG (bareskrim.com) | Petani di Desa Paya Raja Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang mengaku cukup terbantukan dengan hadirnya alat/mesin pemotong padi yang lebih efektif dan efisien dibanding menggunakan jasa buruh tani yang masih menggunakan teknik pemotongan tradisional.

“Selisihnya bisa mencapai Rp250 ribu per satu mah (tiga gupang) atau 950 meter,” kata Tono, salah seorang petani di areal persawahan Desa Paya Raja Kecamatan Bendahara, (25/4/2017).

Dijelaskannya, biaya sewa alat berat pemotong padi rata-rata sebesar Rp 550 ribu untuk setiap 1 mah atau setara 950 meter persegi. Artinya, jika satu petak sawah setempat rata-rata berukuran 950 meter ongkos operasional panen padi adalah sekitar Rp 800 ribu.

“Biaya operasional itu masih lebih mahal jika menggunakan jasa buruh tani, biayanya bisa mencapai Rp 800 ribu per mah,” ujarnya, kemarin, ketika diwawancarai awak media.

Di saat harga gabah naik seperti sekarang, timpal petani lain di areal persawahan yang sama, lebih menguntungkan jika panen dilakukan menggunakan alat pemotong padi.

Sebab selain lebih efisien, cara kerja mesin potong sekaligus perontok padi jauh lebih efektif. Dalam hitungan jam, panen padi bisa diselesaikan dengan potensi buliran padi/gabah hilang minim.

“Lebih menguntungkan pakai mesin. Menggunakan jasa buruh tani selain lama dan ongkosnya pun mahal, pemilik sawah masih harus menyediakan konsumsi dan sebagainya. Jatuhnya tetap lebih mahal (jika tidak menggunakan mesin),” kata Tono.

Di Paya Raja sendiri petani yang memiliki mesin perontok sekaligus pemotong padi belum banyak. Namun trend penggunaan teknologi dengan sistem menyerupai traktor sawah dalam berbagai ukuran tersebut diklaim pihak dinas pertanian setempat, meningkat.

Kelangkahan mesin pemotong padi saat ini dimanfaatkan sebagian pihak untuk menyediakan jasa rental alat berikut operatornya dengan biaya sewa yang telah ditentukan dan disepakati bersama antara petani dengan penyewa. (wdm/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *