Rektor USU dan Unimed Pastikan Ujian SBMPTN Berjalan Aman dan Lancar

MEDAN | Sebanyak 57.978 calon mahasiswa ‘bertarung’ untuk memperebutkan kursi di Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut dan Universitas Samudra Langsa (UNSAM) dalam jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 untuk Panitia Lokal 14 Medan, Senin (16/5/2017).

Hari ini adalah pelaksanaan ujian tertulis dengan 3 kelompok, yakni Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan ujian Campuran. Sementara ujian keterampilan berlangsung besok, Rabu (17/5/2017).

Untuk memastikan ujian berjalan lancar dan aman, Panlok 14 Medan bersama Rektor Unimed Prof Syawal Gultom dan Rektor USU Runtung Sitepu melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi pelaksanaan ujian.

Menurut Rektor Unimed, Prof Syawal Gultom disela-sela tinjauannya kepada awak media, pelaksaan ujian berjalan lancar dan aman. Panlok 14 Medan yang tahun ini diamanahkan kepada Unimed telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan ujian tertulis dan keterampilan jalu SBMPTN 2017 berjalan tanpa ada kendala.

“Semua sudah diantisipasi, baik itu pendistribusian soal ujian maupun pengawasan. Ada 73 titik lokasi ujian SBMPTN diantaranya berlangsung di Unimed sendiri dan juga kampus USU,” ucap Syawal didampingi Rektor USU Prof Runtung Sitepu.

Syawal menambahkan, ujian SBMPTN tahun ini juga diikuti penyandang disabilitas. “Ada 13 orang peserta yang ikut ujian. Untuk mempermudahkannya panitia menyediakan pendamping kepada peserta,” cetusnya.

Rektor Unimed berharap, pelaksanaan ujian SBMPTN 2017 tetap berjalan dengan baik sampai esok hari. “Kita berharap, pengawasan kepada peserta SBMPTN tetap dilaksanakan hingga berakhir pelaksanaan ujian,” minta Syawal.

Sebelumnya, Ketua Panlok 14 Medan, Prof Dr Abdul Hamid K MPd mengatakan, jumlah peminat SBMPTN di Panlok 14 Medan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun 2016 sekitar 51 ribu lebih dan tahun 2017 sebanyak 58 ribu lebih.

Abdul Hamid menambahkan, pelaksaan ujian SBMPTN ada dua jenis, yakni ujian tertulis dan ujian keterampilan. “Ujian tertulis berlangsung pada 16 Mei 2017 dengan dua sistem, yaitu Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT),” ujarnya.

Sementara ujian keterampilan dilaksanakan 17 – 18 Mei 2017. “Lokasi ujian SBMPTN di Panlok 14 Medan ada 73 lokasi, yang tersebar di berbagai wilayah termasuk di kampus Universitas Negeri Medan (Unimed),” ujarnya.

Ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan ujian Campuran. “Untuk kelompok ujian Saintek sebanyak 24.760 pendaftar, Soshum 20.916 pendaftar dan Campuran sebanyak 12.302 pendaftar. Yang akan bertarung ujian SBMPTN 2017 untuk Panlok 14 Medan totalnya sebanyak 57.978 peserta,” katanya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *