Kodim 0201/BS Gelar Pelatihan Perikanan kepada Masyarakat Sicanang Belawan

Kapten K Sidabutar, memberikan penyuluhan kepada warga Kelurahan Belawan Sicanang. (ist)

Matabangsa, Medan – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 TA 2017, dilaksanakan Kodim 0201/BS di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, memberikan penyuluhan tentang perikanan kepada masyarakat sekitarnya.

Penyuluhan tentang perikanan ini disampaikan Kapten K Sidabutar kepada masyarakat, dengan sasaran TMMD ke-99 TA 2017 non fisik, Rabu (11/7/2017). “Pelaksanaan TMMD non fisik ini memberikan penyuluhan terhadap masyarakat tentang perikanan dan pertanian organik, praktik pembuatan ramuan organik tanah, dan praktik pembuatan ramuan hama.

Tanaman organik maupun bahan ramuan hama tak menggunakan bahan-bahan kimia, melainkan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah tangga seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. “Kita mengajak masyarakat  untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah untuk pertanian organik, sehingga tak merepotkan dan mengeluarkan biaya banyak. Semoga penyuluhan ini bermanfaat bagi masyarakat,” kata Kapten K Sidabutar.

Mendapatkan penyuluhan dari Prajurit TNI dari Kodim 0201/BS tersebut, warga Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 menyatakan rasa bersyukur dan terima kasih, karena penyuluhan dan pelajaran tentang pertanian organik baru diterima karena ada TMMD ke-99. “Kami belum pernah dapat penyuluhan seperti ini, petani di sini benar-benar mendapat manfaatnya,” ujar seorang warga.

Setelah mendapatkan berbagai penjelasan tentang tanaman organik, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung di lokasi penyuluhan. “Pengetahuan yang baru diperoleh, akan kita terapkan di beberapa pekarangan rumah dengan mulai mencoba menanam cabai di dalam pot,” ungkap Husen. (wd-09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *