Arsanah Ketiban ‘Duren Runtuh’ TNI

ARSANAH nampaknya tak sabar ingin menetap di rumah barunya. Saat ini, gubuk reot yang dulu ditempatinya sedang direhab penuh oleh prajurit TNI dari Kodim 0201/BS.

Warga Lingkungan 20 Kampung Sentosa Barat Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan ketiban ‘duren runtuh’ dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 tahun 2017.

Arsanah yang berstatus janda, terpilih sebagai ‘pemenang’ dalam program bedah rumah yang dilakukan TNI. “Alhamdulillah, rumah saya mau direhab oleh Bapak-bapak TNI,” gumamnya dengan ceria.

Perempuan berusia 43 tahun ini mengaku kaget bercampur senang ketika mendapat ‘tawaran’ dari Kodim 0201/BS untuk direhab. Rejeki itu tak disia-siakannya. Tanpa pikir banyak wanita berhijab ini merelakan bangunan lama rumahnya diruntuhkan, untuk dibangun dengan bangunan yang baru.

Arsanah bercerita, bertahun-tahun dirinya tinggal sendiri di ujung Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang.

Tingkat ekonomi yang sangat buruk, membuat pemburu lokan dengan penghasilan hanya Rp 120 ribu perbulan ini, melanjutkan hidupnya hanya sebatang kara.

Kondisi kediamannya cukup memprihatinkan. Arsanah tinggal di rumah berukuran 3 kali 6 berdinding papan dan beratap seng. Semua atap sengnya sudah rusak, dapurnya hancur dan untuk menutup dinding bagian atas yang sering diterpa air hujan, Arsanah menutupnya dengan spanduk-spanduk dan kertas koran.

“Kalau hujan lebat, angin kencang, pindahlah saya ke sini karena masuk air dimana-mana. Sampai pagi tu payah saya tidur, takut rumahnya ambruk diterjang angin, saya saya berzikir sepanjang malam,” ujar Arsanah.

Untuk sementara selagi rumahnya direhab, Arsanah ‘ditampung’ oleh tetangganya yang sudah dianggap sebagai anak angkatnya.

Jarak rumah Arsanah ke rumah tetangga itu lebih kurang 20 meter. Hanya kolam tambak aja yang memisahkan rumah keduanya.

Anak angkat sekaligus tetangga Arsana yang berhati mulia diketahui bernama Ramsah. Ia mengatakan, selama rumahnya diperbaiki, ibu Arsanah tinggal dirumahnya.

“Beliau sudah seperti ibu saya sendiri karena sejak kecil saya pernah dirawat oleh beliau,” katanya yang mengaku sangat bahagia masuk program TMMD di desanya.

Menurutnya, ibu Arsanah hidup sebatang kata selama 5 tahun dengan bekerja mencari lokan untuk menutupi biaya kehidupan sehari-hari. Rejeki yang didapat Arsanah sebenarnya tak mencukupi. Namun, ia tetap bersyukur atas rejeki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Sesekali jika berlebih rejeki, Ramsa mengaku tidak lupa membantu ibu Arsanah untuk menutupi kekurangannya. “Mungkin inilah rahasia Illahi. Rasa syukur yang selalu diterima berbuah hasil. “Senang kali sekali rumahnya sekarang dibangun kembali oleh TNI,” katanya.

Dengan rumah barunya kelak, Arsanah tidak lagi kehujanan dan kedinginan. “Dulu, jika hujan turun, beliau sering menumpang di rumah saya karena atap nipah rumahnya bocor,” kenangnya.

Dia berterimakasih kepada TNI yang dengan sukarela membangun kembali rumah reok ibu angkat menjadi sebuah rumah layak huni. “Dengan hadirnya program TMMD yang dilakukan Kodim 0201/BS, diharapkan masyarakat membawa perubahan baru dengan peningkatan ekonomi masyarakat di masa mendatangan,” ujarnya yang memberi apresiasi kepada TNI yang juga melakukan pembukaan jalan sepanjang 500 meter x 5 meter di kampungnya.

Sementara, Pengawas Satgas TMMD Kodim 0201/BS, Kapten Kav Azwar mengaku, rumah Arsanah telah dilakukan rehab. “Kita sedang melakukan pembangunan fisik dengan bedah rumah Arsanah,” ujarnya.

Kapten Kav Azwar yang juga Danramil 02/Medan Timur membeberkan, bedah rumah yang dilakukan pada kediaman Arsanah berukuran 6×6 meter. “Untuk fisik bangunan semipermanen ukuran 6×6 meter. Dengan dua kamar tidur,” ucap perwira TNI ini.

Kapten Kav Azwar yakin, sebelum berakhirnya program TMMD ini, Arsanah akan menempati rumah barunya. “Sekarang baru 30% progres pengerjaannya. Atap rumah akan dibuat seng tak lagi beratapkan daun nipah. Arsanah akan nyaman tinggal di rumah barunya,” ulasnya.

Arsanah adalah satu dari ribuan warga yang merasa sangat beruntung dengan kehadiran program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0201/BS di kawasan Secanang Belawan.

Seperti diketahui program TMMD ke 99 tahun 2017 adalah bentuk wujud pengabdian TNI kepada rakyatnya. Tugas mulia yang diamanah dalam program TMMD bertujuan dalam percepatan pembangunan di wilayah pedesaan terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal. (hm tambunan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *