Kapal Angkut 11 Ton Bawang Merah Asal Malaysia Diamankan Satpolair Polda Sumut

MEDAN (bareskrim.com) | Satu unit kapal motor (KM Rizki GT 6 No 604/pHb/s7) yang mengangkut 11 ton bawang merah dari Malaysia menuju Tanjungbalai, (23/7/2017), diamankan personel Sat Polair Polda Sumut di wilayah perairan Kuala Sungai Pasir Kabupaten Asahan.

“Kapal tersebut diamankan di Kuala Sungai Pasir, Kabupaten Asahan pada koordinat S 37″6’49.554″ E 50″38’54.2544,” ungkap Kabid Humas Poldasu Kombes Rina Sari Ginting kepada awak media, Senin (24/7/2017).

Rina menjelaskan, sebelumnya personel Sat Polair Poldasu melaksanakan patroli dengan menggunakan kapal patroli KP 1023. Saat patroli tersebut, petugas mencurigai kapal jaring ikan yang setelah dilakukan pengejaran kapal tersebut berusaha melarikan diri.

“Sayangnya nahkoda kapal berhasil lompat dari kapal dan melarikan diri, namun kapal beserta Anak Buah Kapal (ABK) dapat diamankan,” terang Rina.

Identitas ABK kapal yang diamankan adalah, Musdar (23) dan Jamaluddin (43), keduanya warga Kelurahan Keramat Kubah, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai. Kecuali itu, petugas juga mengamankan dua orang yang mencoba menghalang-halangi proses penangkapan.

“Petugas juga mengamankan dua orang pemuda atas nama Elbi Gusti dan Aidil Saputra karena berusaha menghalangi petugas dalam mengamankan tersangka dan barang bukti,” jelas Rina.

Tak hanya bawang, petugas juga menyita dan mengamankan barang bukti antara lain 1 buah kapal pukat jaring KM Riski, 1 buah bendera Malaysia, 1 buah GPS merk Garmin, bawang merah merk Blery dari Malaysia kurang lebih 11 ton.

“Saat ini kapal, ABK dan barang bukti kapal ditarik dan diamankan ke Sat Polair Polres Tanjungbalai guna pemeriksaan lebih lanjut,” sebut Rina. (mri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *