Lima Pesan Rektor Unimed pada Lulusan Terbaik

MEDAN (bareskrim.com) | Universitas Negeri Medan (Unimed) ‘menelurkan’ lulusan terbaiknya yang telah tuntas menyelesaikan studi di kampus kebanggaan masyarakat Kota Medan.

Sebanyak 1.440 lulusan Unimed diwisuda dari berbagai jenjang pendidikan, yakni Magister, Sarjana dan Diploma untuk periode Agustus 2017, Rabu (23/8/2017).

Adapun lulusan yang diwisuda dari bergelar Magister Humaniora (MHum) sebanyak 24 lulusan; Magister Pendidikan (MPd) 87 lulusan; Magister Sains (MSi) 8 lulusan; Sarjana Pendidikan (SPd) 1181 lulusan; Sarjana Sastra (SSs) 16 lulusan; Sarjana Sains (SSi) 70 lulusan; Sarjana Ekonomi 43 lulusan dan gelar Diploma Ahli Madya (AMd) 11 lulusan.

Rektor Unimed, Prof Dr Syawal Gultom MPd menitipkan 5 pesan kepada wisudawan yang telah menyelesaikan gelar akademiknya.

Ke lima pesan tersebut adalah:

  1. Jagalah nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan Saudara;
  2. Tampilkan diri Saudara sebagai insan Iulusan Unimed yang memiliki kapasistas hard skilI dan soft skill yang baik;
  3. Tetap komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater Saudara dan
    sesama alumni di manapun berada;
  4. Berikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif dan ide kreatif—solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu dibanggakan, bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan Unimed;
  5. Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed.

Menurut Syawal Gultom, lulusan yang diwisuda pada hari ini merupakan mahasiswa/mahasiswi yang telah
berhasil menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Unimed.

“Kepada para wisudawan atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh sivitas akademika Unimed, saya mengucapkan selamat atas kelulusan dan gelar akademik yang diraih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Ucapan selamat juga disampaikan kepada seluruh orangtua dan keluarga, yang telah bekerja keras dan berjuang penuh ketulusan demi menghantarkan kesuksesan putra/putri kebanggaan keluarga. Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh tentunya dapat memberikan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, meniti karir, dan meraih masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Unimed sebagian besar Iulusannya bergelar Sarjana Pendidikan (SPd) untuk menjadi guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kependidikan. Saat ini, untuk menjadi guru harus menjalani pendidikan profesi guru (PPG).

Unimed juga merupakan salah satu LPTK yang diberi kepercayaan oleh
pemerintah untuk menyelenggarakan PPG. Sedangkan bagi lulusan yang bergelar Ahli Madya (AMd), Sarjana Sains (SSi), Sarjana Ekonomi (SE), dan Sarjana Sastra (SSs) diproyeksikan untuk menembus dunia kerja yang bergerak di sektor industri dan jasa, seperti konstruksi, manufaktur, pertanian, perikanan, telekomunikasi, perbankan dan pariwisata.

Unimed berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing Iulusannya, dilakukan melalui penerapan pembelajaran bermutu, integrasi soft skilI dalam pembelajaran, penerapan test standar, dan penerapan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *