TNI Bersama Masyarakat Laksanakan Shalat Idul Adha

LHOKSEUMAWE (bareskrim.com) | Keluarga besar Korem 011/LW bersama masyarakat melaksanakan sholat Idul Adha 1438H 2017M yang bertemakan ‘Komunikasi sosial prajurit TNI dan rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan’, di lapangan Jenderal Sudirman Kota Lhokseumawe, Jumat (1/9/2017).

Dalam tausiah singkatnya, Abdul Manan selaku Khotib menyebutkan, momen Idul Adha sebagai hari raya kurban adalah ibadah ritual yang diangkat dari kisah penyembelihan Nabi Ibrahim As terhadap anaknya Ismail.

Bapak dari agama-agama samawi, monoteistik atau Abrahamic relegion, sebagaimana dikisahkan dalam Al Qur’an adalah teladan sempurna dari manusia yang hidup sesuai dengan fitrahnya.

Dengan fitrahnya yang murni, dia (Ibrahim) memperoleh kebenaran, bahwa hanya ada satu Tuhan diatas segala makluk. “Dia berjuang melawan kemusyrikan dan penindasan di tengah-tengah masyarakatnya, meskipun harus di usir dari kampung halaman sendiri oleh kaumnya, dan bahkan oleh bapaknya sendiri.” sebut Tgk H Abdul Manan.

“Selain itu, keteguhan dan ketabahan Nabi Ibrahim AS, menunjukkan ketaatannya dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sesungguhnya ia telah memperoleh makna qurban yang dimaksud, yaitu keiklasan hati, ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” tambahnya.

Dalam sambutanya, Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono mengatakan, Hari Raya Idul Adha adalah hari raya kurban, artinya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Demikian hal yang berhubungan dengan Nabi Ibrahim As dan Ismail, yang dinilai Allah bukanlah penyembelihan anaknya, tapi keiklasan hati, ketaatan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim As dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah selesai melaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H, Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono SIP menyerahkan secara simbolis hewan Qurban kepada Kabintal Korem 011/LW Kapten Inf Zulkifli selaku ketua pelaksana pemotongan hewan qurban, hewan yang dikurbankan sebanyak 6 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Nantinya daging kurban tersebut disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *