Polda Sumut Bentuk Timsus Berantas Pelaku Curat – Curas – Curanmor

MEDAN (bareskrim.com) | Polda Sumut resmi membentuk Tim Khusus (Timsus) pemberantasan kasus 3C, Curat (pencurian pemberatan), Curas (pencurian dengan kekerasan) dan Curanmor (encurian kendaraan bermotor). Timsus ini dibentuk di seluruh Polres jajaran.

“Tim tersebut merupakan antarlintas fungsi, diantaranya Intel, Reserse, Sabhara dan Brimob. Tim ini sudah bekerja dan di-back up Polda Sumut. Khusus untuk operasi kepolisian sedang dipersiapkan oleh Biro Ops Polda Sumut,” ujar Kabid Humas Poldasu, Kombes Rina Sari Ginting, kemarin.

Menurut Rina, pencegahan aksi begal di jalanan bukan hanya peran kepolisian, semua stakeholder harus ikut memberantas terjadinya kejahatan jalanan sesuai peran dan fungsi masing-masing.

Dia juga menyoroti buruknya infrastruktur yang menjadi salah satu faktor penyebab kejahatan jalanan terus menghantui para pengguna jalan.

“Perlu penerangan yang cukup di seluruh jalan. Kemudian jalan yang rusak dan berlobang juga membuat pengendara memperlambat kenderaaannya, sehingga rawan menjadi korban kejahatan,” katanya.

Untuk kawasan pemukiman dan perkantoran, dia meminta, agar aparatur pemerintahan mengaktifkan siskamling dan pamswakarsa.

“Diharapkan kepedulian instansi terkait,untuk membenahi infrastruktur jalan, rambu-rambu dan sarana prasarana lainnya. Termasuk pemasangan CCTV di titik yang rawan kejahatan dan rawan kemacetan lalu lintas. Setidaknya ini akan meminimalisir niat pelaku kejahatan jalanan,” sebut Rina.

Sebelumnya, meski telah beberapa kali melakukan penembakan hingga tewas pelaku begal, aksi serupa masih saja terjadi. Terbaru, Wita Astuti (21), warga Jalan Pancing II menjadi korban pembegalan di Jalan Putri Hijau, (3/10/2017).

Wita yang kala itu menggunakan sepedamotor Honda Vario BK 6014 SAA dipepet dua pelaku begal yang diketahui sudah membuntutinya. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *