Dosen Unimed Lakukan Pendampingan Pengolahan Sampah pada Masyarakat Seirotan

MEDAN (bareskrim.com) | Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) setiap tahunnya melakukan kegiatan pendampingan dalam kegiatan masyarakat dengan Kelompok Usaha Botot melalui Pengolahan Sampah Perkotaan di Kabupaten Deliserdang Tahun 2017.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Iptek bagi masyarakat) ini diselenggarakan di Botot Amin Desa Seirotan yang dihadiri perangkat Desa Seirotan, kelompok usaha botot dan pengumpul sampah Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan ini berlangsung pada 4 dan 9 Juli 2017 yang diketuai Ketua Tim Pengabdian Drs Husni Wardi Tanjung MPd dengan anggota Dr Adi Sutopo MT MPd.

Adapun pengabdian yang diberikan berupa pemberian secara mesin perajang botol air mineral bekas kepada perwakilan mitra kelompok usaha botot, Amin kepada perwakilan mitra kelompok usaha botot, Amin dan Sisman.

Kegiatan ini, menurut kedua mitra, sangat bermanfaat untuk membantu peningkatan ekonomi keluarga. Disamping itu, sebagai tambahan pengetahuan dalam mengolah limbah sampah botol air mineral menjadi butiran plastik.

Dimana botol air mineral jika dijual begitu saja memiliki harga jual murah, tetapi dengan adanya mesin penjajah limbah botol airmineral menjadi biji plastik menjadi nilai jual yang lebih tinggi daripada dijual dalam bentuk botol.

“Pada kegitan ini pengolahan limbah botol air mineral mengacu pada standar pengaolahan yang aman tanpa menggunakan bahan kimia sehingga aman bagi pekerja,” kata Ketua Tim Pengabdian Drs Husni Wardi Tanjung MPd dalam pesan elektroniknya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *