Milad ke 108 | Kader Muhammadiyah Kampung Dadap Beri Kontribusi Pembangunan Kota Medan

MEDAN (bareskrim.com) | Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kampung Dadap sambut milad ke 108 tahun Muhammadiyah dengan menggelar berbagai even yang melibatkan ratusan siswa dari berbagai sekolah di Kota Medan.

Ketua PC Muhammadiyah Kampung Dadap Hermanto menjelaskan, Muhammadiyah yang lahir pada 18 November 1912 kini sudah berusia 108 tahun (kalender hijriah) atau 105 tahun (kalender masehi).

Sedangkan Muhammadiyah sudah berdiri di Kampung Dadap pada tahun 1930. Peringatan milad Muhammadiyah dilakukan bersamaan dengan milad ke 75 SD Muhammadiyah 02. Sekolah yang kini memiliki 1.200 siswa itu mulai berdiri pada tahun 1942.

Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution hadir dalam perayaan milad sekaligus melepas kegiatan gerak jalan santai dan tabligh akbar.

Dalam kesempatan itu, orang nomor dua di Medan ini menegaskan, sejarah Muhammadiyah yang sangat kuat dalam perjalanan usia kota Medan. “Kader Muhammadiyah Kampung Dadap telah memberikan banyak kontribusi pada perkembangan kota Medan,” sebut Akhyar Nasution.

Dua pemuda Muhammadiyah Kampung Dadap, yakni Kalimin Sunar dan M Nuh Harahap adalah pionir dari pertumbuhan Muhammadiyah Kapung Dadap. Kini, PC Muhammadiyah Kampung Dadap yang berlokasi di Jalan Mustafa itu tumbuh dengan berbagai amal usaha yang dimiliki.

Untuk mendorong peran dari amal usaha pendidikan Muhammadiyah Kampung Dadap menyambut milad ke 108 Muhammadiyah digelas berbagai lomba, seperti lomba mewarnai, lomba busana muslim, lomba Syahril Quran.

“Lomba azan, lomba tahfiz Quran. Lomba Olimpiade Matematika, Lomba olimpiade Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan Lomba Marchingband,” tambah Hermanto.

Untuk lomba marchingband, pertandingan diikuti 17 marchingband yang berasal dari berbagai sekolah di Samatera Utara. Lomba ini diselenggarakan bekerjasama dengan PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) Kota Medan.

Milad juga ditandai dengan kegiatan bazar, gerak jalan santai dan tabligh akbar yang menghadirkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agung Danarto.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan, Hasrat Effendi Samosir kepada wartawan memberikan apresiasi kepada Pimpinan Cabang Muhammdiyah Kampung Dadap yang terus mendorong aktifitas dan amal usaha yang berkemajuan.

Kata Hasrat, PC Muhammadiyah Kampung Dadap merupakan salah satu cabang percontohan Muhammadiyah di Kota Medan. “Saya berharap amal usaha Muhammadiyah, khususnya amal usaha pendidikan yang dimiliki dapat terus dikembangkan menjadi amal berkemajuan dalam mengembangkan kader umat di masa depan,” ujarnya dalam pesan elektroniknya yang diterima, Rabu (15/11/2017). (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *