Dukcapil: 45 Ribu Warga Agara Belum Terekam e-KTP

KUTACANE (bareskrim.com) | Kendati di tengah marak dan kemudahan layanan publik, masih banyak warga di Kabupaten Aceh Tenggara, belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tenggara, Ahmad Husin melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Mustafa Kamal mengatakan, untuk memperoleh e-KTP sangat mudah namun kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan masih sangat minim.

“Untuk membuat e-KTP sangat mudah namun masih banyak masyarakat yang belum ber-KTP,” kata Mustafa kepada Bareskrim, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, kebanyakan warga yang tidak mempunyai e-KTP di Kabupaten Agara merupakan golongan lanjut usia (lansia) yang tinggal didaerah terpencil dan jauh dari perkotaan.

“Mereka yang belum memiliki e-ktp rata- rata tidak mengetahui arti pentingnya KTP. Dan diurus bila ada kepentingan mendesak,” terangnya.

Dijelaskan, mereka mencari KTP saat jatuh sakit, karena identitas itu diperlukan untuk persyaratan administrasi dan keperluan anaknya. Disisi lain KTP tidak hanya untuk bukti sebagai warga negara Indonesia.

“Artinya, tidak hanya untuk tertib administrasi kependudukan saja, e-KTP sangat diperlukan masyarakat dalam banyak hal keperluan. Salah satunya, untuk menikmati pelayanan yang diberikaan pemerintah,” jelasnya.

Namun demikian, menangani masalah ini, Disdukcapil gencar melakukan sosialisasi serta jemput bola langsung ke kantor kecamatan untuk menggerakan tertib administrasi masyarakat. Hal ini dilakukan, agar semua masyarakat yang memenuhi syarat memiliki e-KTP bisa secepatnya direkam. (ijal/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *