Pengerjaan IPA Tirta Lyionnaisse Medan Dimulai

MEDAN (bareskrim.com) | Ditargetkan beroperasi pada 2019, IPA Tirta Lyionnaisse Medan (TLM) diharapkan dapat menjadi solusi tercukupinya kebutuhan air bersih untuk masyarakat, khususnya Kota Medan.

Bila selama ini kapasitas produksi air bersih PDAM Tirtanadi hanya 500 liter/detik, dengan rampungnya IPA TLM nantinya produksi naik menjadi 900 liter/detik. IPA ini nantinya mampu melayani pendistribusian asir di beberapa wilayah Utara dan Timur Kota Medan seperti Medan Timur, Kayu Putih, Krakatau, Berayan dan Belawan bahkan untuk kebutuhan air bagi Pelindo1.

“Ini merupakan bagian dari beberapa program pengembangan kita agar semakin baik lagi, kedepannya bahkan kita akan berusaha dan berupaya bisa mencapai 2400 liter/detik,” kata Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo di depan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi saat Peletakkan Batu Pertama (Ground Breaking) IPA TLM di Jalan Limau Manis, Deli Serdang, (17/12/2017).

Ia berharap dengan terlaksananya pengembangan ini, dapat mewujudkan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat khususnya Kota Medan.
Gubsu, T Erry Nuradi dalam kesempatan itu menyampaikan pembangunan dan pengembangan instalasi pengolahan air bersih sangat dibutuhkan karena air merupakan kebutuhan utama bagi manusia.

“Pembangunan seperti yang dilakukan sekarang ini sangat baik bagi kita, bukan hanya pengembangan atas ini tetapi juga akan dilakukan pengembangan IPA lainnya yang berada dibawah naungan PDAM Tirtanadi dengan harapan akan menjadi lebih baik kedepannya,” ungkap T Erry Nuradi.

Gubernur juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran direksi dan karyawan PDAM Tirtanadi serta investor Prancis Lyonnaise Des Eux atas dukungan pengembangan IPA TLM tersebut.

“Ini merupakan hal positif dan saya berharap untuk jajaran PDAM Tirtanadi untuk terus bekerja keras guna bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan air bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Manager Direktur PT Tirta Lyonnaise Medan, Mr Mustafa Tunc Erk mengungkapkan hubungan kerjasama yang baik pihaknya dengan PDAM Tirtanadi sudah berjalan lebih dari 16 tahun.

“Dengan dimulainya pengembangan ini semakin menambah lebih baik hubungan yang telah terjalin selama ini dan kami akan selalu mendukung solusi inovatif mencapai 100% akses air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada tahun 1999, PDAM Tirtanadi melakukan kerjasama dengan investor Prancis Lyonnaise Des Eux dan membentuk PT Tirta Lyonnaise Medan dengan bermitra membangun instalasi pengolah air atau IPA dengan sistim BOT.

Usaha patungan itu mengelola IPA dan menjual produksi 500 l/dtk ke PDAM Tirtanadi. Transfer pengelolaan IPA ke Tirtanadi yang terletak di daerah Limau Manis itu dilakukan selama 25 tahun.(nasir/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *