Sepanjang 2017 | Polres Agara Tangkap 33 Orang Bandar Sabu

KUTACANE (bareskrim.com) | Polres Aceh Tenggara (Agara) mengumumkan keberhasilan pengungkapan kasus peredaran narkoba sepanjang tahun 2017, ke publik.

Kapolres Agara AKBP Gugun Hardi Gunawan mengatakan, sebanyak 123 pelaku mulai dari bandar, pengedar hingga pemakai narkoba selama tahun 2017 berhasil ditangkap Sat Narkoba Polres Agara.

“Jenis narkoba yang disita berjenis sabu-sabu, ganja dan ekstasi,” ungkap Kapolres Agara AKBP Gugun Hardi Gunawan didamping Waka Polres Agara Kompol M Zainuddin, Kamis (28/12/2017).

Kapolres juga mengatakan, dari 123 pelaku itu diantaranya sebanyak 33 orang ditetapkan sebagai bandar dan pengedar narkoba dengan barang bukti yang disita berupa ganja seberat 814 gram, sabu-sabu 227,9 gram sedangkan pil ekstasi sebanyak 5 butir.

“Kasus yang kita tangani pada 2017 sekitar 93 kasus ada peningkatan dari tahun lalu sekitar 16 kasus karena pada 2016 kasus hanya 87 kasus,” sebut AKBP Gugun.

Aceh Tenggara lebih dominan pemakai atau pengkonsumsi narkoba ketimbang pengedar apalagi bandar. “Oleh karena itu, kita minta Pemkab Agara untuk menyediakan pusat rehabilitasi narkoba di Agara. Sehingga para pemakai narkoba jenis sabu-sabu bisa direhab, sebab terlalu banyak pemakai,” ungkap Kapolres AKBP Gugun.

Menurutnya, setelah dievaluasi, narkoba yang masuk ke wilayah Agara kebanyakan adalah sabu dan ganja, untuk narkotika jenis lainnya belum ditemukan.

“Saya mengimbau kepada warga untuk terus waspada dan melaporkan jika ada yang mencurigai adanya kegiatan yang menyangkut peredaran dan penyalagunaan narkoba. Sebab, rata-rata korban dan pelaku masih dalam usia produktif sehingga sangat berbahaya sekali. Dan kami tidak akan berhenti memerangi narkotika ini sampai kapan pun,” tegasnya.

Para pelaku dijerat dengan pasal 114, pasal 112, pasal 111 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika, terancam pidana penjara seumur hidup, atau paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

Turut dihadiri Kasat Narkoba Iptu Delyan Putra, Kabag Ops Kompol Alwin, Kasat Intel AKP Hadidin, KBO Reskrim Ipda Gomgom, Kasubbag Humas Iptu Ajudan dan perwira dijajaran Polres Agara lainnya. (ijal/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *