Polda Sumut Tembak Mati Tiga Kurir Narkoba Internasional

MEDAN (bareskrim.com) | Kepolisian Daerah Suamatera Utara (Polda Sumut) kembali memberi peringatan kepada sindikat narkoba untuk tidak mengedarkan barang haramnya di Sumatera Utara.

Kali ini, tiga orang kurir narkoba internasional ditembak mati dan dua pelaku lainnya ditembak di bagian kaki.

Kabid Humas Poldasu Kombes Rina Sari Ginting kepada wartawan mengatakan dari lima kurir ini, Subdit II Ditres Narkoba Poldasu berhasil mengamankan 15 Kg sabu.

“Penggerebekan ada dua lokasi dan berhasil mengamankan 5 orang kurir, namun karena melawan saat dilakukan penangkapan tiga orang ditembak mati atas nama Chin Yoon Fah alias Acin, Joni alias Aguan dan Tan Siong alias Tiong, sedangkan dua orang lainnya ditembak di bagian kaki atas nama Susantono alias Santo dan Azhari,” ujarnya.

Terungkapnya sindikat narkoba internasional jaringan Malaysia, Pekanbaru dan Medan ini sekira (3/1/2018), Subdit II Narkoba mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan ada pengiriman narkoba jenis sabu dengan jumlah yang fantastis. Mendapat informasi tersebut Polisi kemudian melakukan penyelidikan.

Tepatnya di Jalan Bunga Sakura, Kelurahan Tanjung Selamat Sunggal sampai Jalan Pemasyarakatan No 71 Kelurahan Lalang, Kecamatan Sunggal Deliserdang, polisi berhasil mengikuti seorang kurir sabu yakni Azhari (35), warga Aceh yang tinggal di Jalan Pemasyarakatan Kelurahan Lalang Kecamatan Sunggal.

Saat digerebek, kurir narkoba ini tidak bisa menghindar dari sergapan petugas. Dari lokasi petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 4 Kg sabu yang dibungkus plastik warna kuning Guanyinwang, 2 buah Handphone, 7 buah buku rekening dan satu buah sepedamotor merk Yamaha Mio Soul BK 2599 CW.

Dari hasil penangkapan Azhari, Polisi berhasil melakukan pengembangan, Kamis (4/1/2018) Polisi menggerebek di Bank BCA Jalan Asia, Bakaran Batu Kecamatan Medan Area dan Jalan Imam Bonjol tepatnya di pintu gerbang Vihara Borobudur Kecamatan Medan Baru.

Dari dua lokasi tersebut berhasil mengamankan 4 pelaku, namun karena saat ditangkap melakukan perlawanan 4 kurir ini ditembak dan tiga yang tewas. Adapun keempat kurir ini yakni Tan Siong Tiong alias Tiong (45) warga Dusun II Jalan Binjai KM 15,5 No 2 Kelurahan Sumber Melati Diski Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, Joni alias Aguan (47) warga Jalan Bajak V No 6 Kecamatan Mariendal I Kabupaten Deliserdang, Susantono alias Santo (37), warga Jalan Sampali Gang Tenggiri Kota Medan dan Chin Yoon Fah alias Acin (57) warga Malaysia, Chef, alamat Simpang Jalong Sungai Siput Perak, Malaysia.

Dari keempat pelaku turut diamankan 11 Kg sabu dibungkus plastik warna kuning Guanyinwang, 8 unit handphone, 1 buah KTP dan 1 buah pasport antas nama Chin Yoon Fah.

Saat ini, para tersangka sudah diboyong ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan dan pihak Kepolisian masih melakukan pengembangan untuk menemukan bandar para tersangka. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *