Warga Binaan Lapas 1 Shalat Berjamaah Gerhana Bulan

MEDAN (bareskrim.com) | Sebanyak 250 orang warga Binaan Lapas Klas 1 Medan, Rabu (31/1/2018) malam, melaksanakan sholat Gerhana Bulan di Masjid At Taubah. Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Lapas 1 Medan Asep Syarifuddin BcIP SH MH CN dan beberapa pejabat Lapas 1 Medan.

Kegaiatan sholat berjamaah ini diawali dengan sholat Isya, dilanjutkan dengan zikir, tahlil dan penjelasan tentang tata cara sholat Gerhana. Sebelum sholat, Imam dan Khatib Dr H Sakhira Zandi MA mengajak jamaah keluar halaman masjid untuk menyaksikan langsung gerhana bulan.

Suasana ritual keagaamaan ini cukup syahdu dimana para warga binaan berzikir, tahlil dan ber isthtifar serta bertakbir memuja kebesaran Allah.

Kepala Lapas 1 Medan, Asep Syarifuddin menyatakan, Gerhana Bulan adalah bukti kebesaran sang pencpta. Tiada mahluk yang bisa menandingi kekuasaan dan kebesarannya. “Tidak ada yang tidak mungkin terjadi jika Allah mau berkehendak kapan dan dimanapun,” ujar Kepala Lalas dihadapan warga Binaan.

Sakhira Zandi MA dari MUI Provinsi Sumut dalam khotbahnya menyebutkan, kita dilarang menyembah dan bersujud kepada tanda-tanda kejadian itu, tapi disuruh menyembah Allah sang pencipta matahari dan bulan. Dengan peristiwa gerhana ini diharapkan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Lebih lanjut Ustad Sakhira Zandi menyebutkan, jika dihubungkan dengan peristiwa kehidupan, maka tidak ada yang sulit bagi Allah mengatur kehidupan manusia ini. “Agama menuntun kita, jika datang kebahagian bersyukurlah, jika datang cobaan bersabarlah. Semua tayangan kehiduoan ini ada hikmah yang diatur oleh Allah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas 1 Asep Syarifuudin menambahkan kembali, agar warga binaan agar mengisi kekosongan waktu selama masa pembinaan di lapas untuk mendalami agama, meninggalkan segala larangannya dan menyerahkan semua jalan hidup ini kepada Allah seraya tetap terus berikhtiar kepada-Nya.

Rangkaian kegiatan sholat gerhana berjamaah ini diakhiri dengan doa dan makan malam bersama yang dipandu dan dikoordinir Ketua Umum BKM At Taubah Dedy Syahputra Batubara Amd IP SH dan unsur BKM At Taubah. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *