Hore!!! Personil Bhabinkamtibmas Polda Sumut dapat Motor KLX G150

MEDAN (bareskrim.com) | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan hibah kenderaan roda dua (sepeda motor) sebanyak 500 unit guna mendukung kegiatan operasional Bhabinkamtibmas Polda Sumut.

Kegiatan ini bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (5/2/2018), dihadiri oleh Asisten I Provinsi Sumut Drs Jumsadi Damanik SH MHum, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Sumut Ir Aspan Sofian Batubara MM, Wakapolda Sumut Brigjen Drs Agus Andrianto SH, Irwasda Polda Sumut, para pejabat utama Polda Sumut, Kapolres/tabes jajaran Polda Sumut, Kasat Binmas Polres jajaran Polda Sumut dan personel Bhabinkamtibmas yang mendapat kendaraan.

Usai penghormatan pasukan dan laporan komandan upacara kepada pimpinan upacara, Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Drs Paulus Waterpauw menyerahkan kendaraan roda dua Kawasaki KLX-G150 secara simbolis kepada perwakilan Bhabinkamtibmas.

Sebanyak 500 kendaraan roda dua Kawasaki KLX-G150 dihibahkan kepada Bhabinkamtibmas dari 17 Polres jajaran Polda Sumut antara lain Polres Deliserdang 60 kendaraan, Polres Tebingtinggi 30 kendaraan, Polres Binjai 27 kendaraan, Polres Langkat 57 kendaraan, Polres Mandailing Natal 70 kendaraan, Polres Simalungun 20 kendaraan, Polres Asahan 7 kendaraan, Polres Labuhanbatu 70 kendaraan, Polres Tapanuli Utara 10 kendaraan, Polres Dairi 20 kendaraan, Polres Tapanuli Tengah 45 kendaraan, Polres Nias 5 kendaraan, Polres Toba Samosir 30 kendaraan, Polres Humbang Hasundutan 7 kendaraan, Polres Nias Selatan 4 kendaraan, Polres Serdang Bedagai 18 kendaraan dan Polres Pelabuhan Belawan 20 kendaraan.

Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas bantuan hibah kenderaan bermotor yang diberikan oleh Pemprov Sumut. “Semoga hibah ini semakin memperkuat perjanjian kerjasama (MOU) antara Pemprov Sumatera Utara, Kodam l/BB dan Polda Sumut, tentang tiga pilar plus yakni dalam rangka membangun sinergitas antara Kepala Desa/Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta tokoh masyarakat di tingkat desa dan kelurahan,” ujar Kapolda Sumut.

Sehingga, lanjut Kapolda, sinergitas tersebut dapat bersatu padu dalam melaksanakan pencegahan dan penyelesaiannya permasalahan di tingkat desa/kelurahan, serta warga masyarakat merasakan kehadiran aparatur di tengah-tengah masyarakat.

Kapolda Sumut berharap, agar para Bhabinkamtibmas bekerja dengan sungguh-sungguh dan menggunakan sarana yang sudah diberikan agar mendapatkan kepercayaan masyarakat. “Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak deteksi dini di kewilayahan, merupakan representasi Polri yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam mengemban fungsi pencegahan (pre-emtif) secara sinergis dengan stake holders terkait dan potensi masyarakat,” kata Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut mengungkapkan, idealnya, seorang Bhabinkamtibmas bertugas di 1 kelurahan/desa, namun karena masih terbatasnya jumlah personel, maka jumlah personel yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas saat ini baru berjumlah 2.168 personel, jika dibandingkan dengan jumlah desa dan kelurahan yang ada di Sumut sebanyak 6.110; maka masih ada kekurangan sebanyak 3.942 Bhabainkamtibmas.

“Dengan bantuan hibah sepeda motor, diharapkan Bhabinkamtibmas dapat menjangkau wilayah yang sulit dan terpencil, sehingga kehadiran Polri bersama forum tiga pilar plus, dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam tugas Operasi Mantap Praja Toba-2018, dalam rangka pengamanan Pilkada tahun 2018,” sebutnya.

Hal ini sebagaimana point ke-7 program promoter, yaitu “membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas”. Diharapkan para pengemban fungsi Binmas juga berperan sebagai mata dan telinga pimpinan yang paling terdepan untuk melakukan deteksi dini (early warning system) terhadap setiap potensi gangguan kamtibmas sehingga para pengemban fungsi Binmas perlu diberikan penambahan sarana dan prasarana guna menunjang pelaksanaan tugasnya di lapangan.

Sementara itu, Gubernur Sumut menyampaikan, pemberian hibah sepeda motor ini adalah salah satu program kerja Gubernur Sumut dalam rangka mempercepat pembangunan dan menciptakan keadaan aman dan kondusif.

Ia menyampaikan program tiga pilar plus untuk mempersatukan aparatur negara, serta menjangkau lapisan bawah di desa/kelurahan dan semakin aktifnya peran tokoh masyarakat.

“Program tiga pilar plus juga sebagai penjabaran nawa cita Presiden untuk menghadirkan aparatur negara di lapisan bawah atau pedesaan, Program tiga pilar plus di Sumut telah diawali dengan penandatanganan MOU antara Gubernur Sumut, Kapolda Sumut dan Pangdam l/BB. Hari ini 500 unit sepeda motor diberikan kepada Bhabinkamtibmas, untuk pembinaan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Diharapkan dengan bantuan sepeda motor ini, Polri dapat terus meningkatkan kinerja sebagai aparatur masyarakat dan negara. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *