Seribu Personil Gabungan Ikuti Simulasi Sispam Pilkada Sumut 2018

MEDAN (bareskrim.com) | Polda Sumut meaksanakan simulasi Sispam Kota dalam rangka Pilkada serentak 2018. Sebanyak 1000 personel gabungan TNI/Polri ikut melaksanakan Simulasi Sispam di Lanud Soewondo, Kamis (8/2/2018).

Turut hadir dalam kegiatan Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nurady, Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterpauw, Pangdam I/Bukit Barisan yang diwakili oleh staf ahli pangdam, Waka Polda Sumut, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut yang diwakili oleh hakim tinggi, Dan Lantamal yang diwakili oleh Kadismin Pers, Pangkosek yang diwakili oleh asintel, Ka BNNP Sumut, Danlanud Soewondo, Dandim 0201/BS Medan, Ketua KPUD Sumut, Ketua Bawaslu Sumut, Kajati diwakili Asintel, Ketua DPRD diwakili oleh ketua Komisi-E, para Konsulat Jendral Negara Sahabat, pejabat utama Polda Sumut, Kapolres/tabes jajaran dan seluruh personel yang terlibat dalam Simulasi Sispam Kota Pilkada Serentak 2018.

Kegiatan Sispam Kota ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Sumut dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 nantinya, serta dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing.

“Simulasi ini akan memberikan penambahan pengetahuan teknis dan pengetahuan tentang tindakan apa yang harus kita lakukan bilamana terjadi suatu gangguan kamtibmas,” terang Kapolda Sumut.

Dalam simulasi Sispam Kota ini terdiri dari 11 tahapan yang di simulasikan yakni, simulasi di kediaman Gubsu, simulasi di jalan raya menuju lokasi kampanye, simulasi Pam di lokasi kampanye, simulasi Pam di TPS, ‎simulasi kotak suara, simulasi penyanderaan, simulasi ancaman bom, simulasi Pam Kantor KPU, simulasi massa anarkis dan penjarahan, ‎patroli bersama TNI dan Polri dan parade devile.

Selesai pelaksanaan Simulasi Sispamkota Pilkada Serentak 2018, Kapolda Sumut memberikan amanat kepada seluruh personel yang melaksanakan simulasi kemudian beliau mengucapkan terimakasih atas pertisipasi kehadiran seluruh peserta yang terlibat dalam simulasi sispamkota terkhususnya kepada Gubernur Sumut dan Danlanud Soewondo yang telah memberi kesediaan tempat pelaksanaan upacara dan kegiatan simulasi.

“Kehadiran dan partisipasi kita semua adalah bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab sebagai warga negara, aparatur pemerintahan dan alat negara yang memiliki tanggung jawab menciptakan keamanan dan ketertiban terkhususnya dalam pelaksanaan Pilkada 2018. Simulasi ini menggambarkan kesiapan kita dalam melakukan upaya antisipasi mulai dari perkiraan intelejen yang tajam, pelatihan antisipasi penanggulangan dan penanganan lainnya,” ujar Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut meminta kepada para instruktur dan pelaksana simulasi agar dapat melakukan analisa dan evaluasi atas pelaksanaan simulasi ini sehingga dapat diperbaiki dan dipersiapkan cara bertindak yang lebih komprehensif. Para perwira agar lakukan segala tahapan manajemen dan tahapan pelaksanaan kegiatan dengan baik, seperti proses perencanaan, pengorganisasian suatu kegiatan, pelaksanaan serta pengendalian.

Kapolda juga menekankan kepada seluruh personel, agar tetap bersikap netral dan melaksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, ikhlas dengan penuh keyakinan dan pemikiran positif akan adanya harapan memperoleh kemurahan dan kebaikan dari suatu pelaksanaan kegiatan yang baik yang sudah kita laksanakan.

“Kita tingkatkan sinergi dalam menjaga situasi dan kondisi penyelenggaraan Pilkada 2018 di wilayah Prov. Sumut dengan baik, aman dan lancar,” sebut Kapolda Sumut. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *