Kapolda Sumut dan Jurnalis Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA

MEDAN (bareskrim.com) | Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw mengundang sejumlah jurnalis dari media cetak, online dan elektronik untuk deklarasi pemberitaan pilkada damai tanpa SARA, di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Jumat (9/2/2018).

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakapolda Sumut, Brigjen Agus Andrianto SH, Irwasda Polda Sumut, para pejabat utama Polda Sumut, mewakili Ketua Aliansi Jurnalis Idependen (AJI), Vincensius Sitepu dan para wartawan unit Polda Sumut baik elektronik, cetak dan online.

“Kegiatan ini merupakan wujud peran bersama dalam mendukung Pilkada Damai, Aman dan tanpa SARA. Kegiatan ini juga merupakan implementasi subsatgas pilkada 2018 dan rekan media merupakan bagian dari Polri yang dapat mendukung terselenggaranya Pilkada 2018 dengan memberikan perkembangan berita terkini selama Pilkada di Sumut,” jelas Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian kata sambutan dari Kabid Humas Polda Sumut, kemudian dilanjutkan sambutan ketua AJI yang diwakili oleh Kabid Pendidikan,Komunikasi dan Data AJI, Vincensius Sitepu yang menyampaikan bahwa setiap jurnalis harus mampu memberikan kepada masyarakat berita yang memang fakta dan akurat kebenarannya.

“Jurnalis dan media harus memiliki kode etik dalam pembuatan berita serta mampu menjadi pengawas serta wasit selama Pilkada 2018 di Polda Sumut,” ujarnya.

Vincensius mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut beserta jajaran yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Kegiatan ini merupakan ajang menambah pengetahuan dan silaturahmi wartawan dengan Polri dalam menyambut Pilkada yang damai tanpa SARA,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Kapolda Sumut yang menyampaikan bahwa dalam Pilkada 2018 Polda Sumut sudah membentuk Satgas Nusantara yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya isu provokatif terkait unsur SARA, agar tidak berkembang menjadi konflik sosial selama pelaksanaan Pilkada 2018 dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan negara.

“Pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang sinergis dan harmonis antara insan pers dengan Polda Sumut dalam mewujudkan kamtibmas yang aman, damai dan kondusif khususnya dalam pelaksanaan Pilkada 2018 di Provinsi Sumut. Kita ada bukan kita tidak ada, Polda Sumut siap dalam mengamankan dan melayani masyarakat, khususnya dalam kegiatan Pilkada 2018,” tegas Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut mengungkapkan, didasari suhu politik yang semakin memanas, maka Polri membentuk Satgas Nusantara yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya isu-isu provokatif terkait isu primordialisme (SARA), dan sebagai implementasi rencana kerja Satgas Nusantara, Polda Sumut menggelar pertemuan dan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA Bersama Insan Pers Mitra Polda Sumut hari ini.

“Terimakasih kepada seluruh insan pers yang sampai saat ini mendukung Polda Sumut lewat manajemen berita yang baik, sehingga dapat meningkatkan Public Trust terhadap Polri. Agar kedepan kita tingkatkan kerja sama dan sinergitas dalam memanajemen berita-berita yang viral di sosial media,” ujar Kapoldasu.

Polda Sumut juga berkomitmen untuk mendukung insan pers dalam melaksanakan tugasnya dan akan memberikan pelayanan kepada insan pers dalam melaksanakan tugasnya.(amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *