Pabandya Bhakti Kodam I/BB Bersama Dandim 0204 Tinjau Lokasi Program TMMD

DELISERDANG | Pabandya Bhakti Kodam I Bukit Barisan Letkol Inf Bayu bersama Kasiter Korem 022/PT dan Dandim 0204/DS Letkol Arm Asep Hendra Budiana SH, (14/2/2018), meninjau lokasi sasaran fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 di Dusun IV dan Dusun VI Desa Namo Mirik Kec Kutalimbaru Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara (Sumut).

Turut juga mendampingi Camat Kutalimbaru Darwis Sianipar, Danramil 02/Ktl Kapten Arm Hasian Tamba, staf Dinas PU Kabupaten Deliserdang, Pasiter Kodim 0204/DS Lettu Inf Sucipto, para personel Kodim 0204/DS dan Babinsa Koramil 02/Ktl.

Pabandya Bhakti Kodam 1/BB mengatakan, TMMD sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang sinergis, terintegrasi dan sangat terorganisir, memiliki maksud, tujuan dan manfaatnya yang jelas, baik bagi kepentingan TNI, Masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

“Program TMMD tersebut ternyata berhasil mencapai sasaran yang diprogramkan, baik sasaran fisik maupun sasaran lainnya, keberhasilan tersebut bahkan mengilhami lahirnya program-program manunggal lainnya seperti TNI Manunggal Pertanian, TNI Manunggal Aksara, TNI Manunggal KB-Kes, TNI Manunggal Sosial Sejahtera, TNI Manunggal Sembako dan TNI Manunggal Reboisasi yang pernah dilaksanakan oleh TNI,” ungkap Letkol Inf Wahyu.

Saat ini, lanjutnya Kodim 0204/DS sedang melaksanakan Pra TMMD ke-101 di Dusun VI Kutabatu Desa Namomerik, Kec Kutalimbaru, Kan Deli Serdang, Prov Sumatera Utara (Sumut).

Di desa yang terisolir ini sangat memperihatinkan, karena sampai saat ini masih ada kampung yang belum menikmati penerangan listrik PLN dan MCK sehat.

“Dengan adanya program TMMD ke 101 Kodim 0204/DS ini warga setempat dimana lokasi sasaran fisik dikerjakan akan senang, karena bisa menikmati aliran listrik dan MCK sehat,” sebutnya.

Dandim 0204/DS Letkol Arm Asep Hendra Budiana. S. H mengatakan bahwa warga Dusun VI Namobatu,Desa Namo Mirik, yang selama ini tidak ada penerangan listrik akan kita pasang dengan Solar Cell, dan untuk lebih sehat lagi warga juga akan kita buatkan jamban,sumur bersih dan kamar mandi yang layak.

“Saya berharap dalam program TMMD nanti warga dapat memberi dukungan dengan bergotong royong bersama Satgas,” ujar Dandim.

Amatan awak media, di lokasi yang hanya ada 12 kepala keluarga (KK) dengan memiliki 40 jiwa ini selama 34 tahun hidupnya tidak pernah menikmati penerangan PLN layaknya hidup diperkampungan lainnya.

Selain tidak ada penerangan PLN, warga yang dipimpin kepala dusun (Kasus) Lingga ini juga selama ini untuk mandi, buang air besar Dan mencuci terpaksa ke sungai.

“Sudah 34 tahun saya tinggal di Dusun VI Kutabatu ini belum pernah Ada lampu penerangan PLN, kami hanya pakai lampu teplok saja bang,mandi, buang airbesar Dan mencuci ke sungai. Kalau untuk minumminum Sumur ada untuk ramai-ramai,“ ungkap Kadus Lingga-lingga, (14/02/2018).

Pria memiliki tiga anak ini sangat berterima kasih kepada TNI, khususnya Dandim 0204/DS Letkol Arm Asep Hendra Budiana, karena telah perduli kepada rakyat kecil yang sudah puluhan tahun terpuruk tidak menikmati PLN dan air bersih.

“Saya berterima kasih kepada Pak Dandim karena berkat beliau dusun saya bisa menikmati penerangan lampu dan MCK,“ ungkapnya.

Selain itu, prajurit TNI dari Kodim 0204/DS juga membuka jalan sekaligus pengerasan jalan dengan lebar 6 meter dan panjang 3.700 meter, dua jembatan menghubungi kecamatan (1 jembatan ukuran 18 M X 6 M dan 1 jembatan ukuran panjang 5 M X 5 M, pembuatan rigid beton sepanjang 565 M (titik terpisah), pembuatan 9 unit plat beton, pembuatan 1 unit gorong-gorong menggunakan pipa besi, pembuatan lining saluran air dengan panjang 100 M, pembuatan MCK di Dusun VI Desa Namo Mirik Kec Kutalimbar, rehab jambur diDusun VI Desa Namo Mirik, rehab jambur di Dusun IV Desa Sukadame Kex Kutalimbaru.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik yakni penyuluhan narkoba, penyuluhan tentang ISIS, penyuluhan Wasbang dan Bela Negara serta penyuluhan tentang Kamtibmas. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *