Pasokan PDAM Tirtanadi di Hamparan Perak Terganggu

MEDAN (bareskrim.com) | Pasokan PDAM Tirtanadi di Hamparan Perak tetap berjalan normal meski ada gangguan. Pasalnya PDAM Tirtanadi Instalasi Pengolahan Air Minum Hamparan Perak menjadwalkan pemasangan pompa intake cadangan pompa transfer. Diperkirakan debit air akan berkurang di wilayah itu.

Kepala Sekretaris PDAM Tirtanadi, Jumirin, Rabu (14/2/2018), menyebutkan, pengerjaan itu akan berlangsung Jumat (16/2/2018) dimulai pukul 22:00 WIB dan diperkirakan selesai pukul 24:00 WIB.

“Pekerjaan yang dilakukan harus memotong flange buta diameter 400 mm dan connecting header ke pompa, sehingga mengakibatkan stop produksi air selama 2 jam,” terang Jumirin.

Dikatakan, pemasangan pompa intake cadangan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi apabila ada gangguan terhadap pompa intake yang beroperasi, sehingga pengolahan air akan tetap bisa berjalan normal dan gangguan bisa diminimalisir.

Selama pelaksanaan pemasangan pompa cadangan itu, pendistribusian air keluar dari IPA Hamparan Perak tetap berjalan, kendati akan berkurang. Pengurangan debit air sebanyak 30 liter/detik dari 110 liter/detik menjadi 80 liter/detik.

“Pekerjaan akan mengakibatkan gangguan distribusi air baik dari kualitas, kuantitas maupun kontinuitas,” ujar Jumirin.

Disebutkan, daerah yang terdampak gangguan distribusi air yakni pelanggan yang berdomisili di sekitar jalan Rahmad Buddin, jalan Pasar V Marelan, jalan Young Panah Hijau dan Jalan Titi Papan sekitarnya.

Ditambahkan, pada saat selesai pekerjaan, produksi IPA Hamparan Perak akan kmebali normal yakni 110 liter/detik namun PDAM Tirtanadi harus melakukan pemadatan air pada jalur pipa di seluruh daerah terkena dampak pekerjaan.

Karena itu, sambung Jumirin, akan dibutuhkan waktu untuk normalisasi distribusi air ke pelanggan dan diperkirakan distribusi air ke pelanggan akan normal kembali pada Sabtu (17/2/2018) sekitar pukul 16:00 WIB.

“Terkait hal itu, mewakili manajemen PDAM Tirtanadi Sumatera Utara, memohon maaf kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak pekerjaan baik langsung maupun tidak langsung. Pelanggan yang mengalami gangguan pelayanan dapat menyampaikan keluhannya ke cabang terdekat atau melalui layanan Halo Tirtanadi ke nomor 1500922,” tutup Jumirin. (nasir/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *