Sosialisasi Bencana Alam Warnai Kegiatan TMMD 101

ACEH TIMUR (bareskrim.com) | Selain sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana desa, Satuan Penugasan TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke 101 Kodim 0104/Aceh Timur turut selenggarakan kegiatan Non Fisik guna mensosialisasikan beberapa kegiatan yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Satgas TMMD ke 101 menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidangnya. Kepala Bidang (Kabid) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ismail SE dan Kabid Satgas Search And Rescue (SAR) Kabupaten Aceh Timur Sulaiman SPd dihadirkan untuk menyampaikan materi tentang bencana alam kepada masyarakat yang digelar di Dusun Tualang desa Pante Rambong kecamatan Pante Bidari kabupaten Aceh Timur, (9/4/2018).

Kabid Satgas SAR Sulaiman menyatakan, selalu siap sedia kapan saja dan dimana saja untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam. Ia menerangkan, Kantor SAR berlokasi di depan Telkom Idi Rayeuk Gampong Jawa kabupaten Aceh Timur. “Kami siap bergerak kapan saja bila bapak/ibu memerlukan bantuan,” ujarnya.

Disamping itu, Kabid BPBD Ismail menjelaskan tentang mekanisme atau tata cara pengajuan bantuan kepada Pemerintahan Daerah (Pemda) bila sewaktu-waktu mengalami bencana alam yang dampaknya dirasakan oleh masyarakat banyak, seperti banjir, gempa bumi dan sebagainya.

“Agar mendapatkan bantuan dari Pemda, ada beberapa tahap yang harus diikuti. Seperti membuat proposal pengajuan bantuan oleh masyarakat ke Kepala Desa, Kepala Desa meneruskan ke Camat, Camat ke Dinas BPBD dan BPBD selanjutnya melaporkan ke Bupati,” terang Ismail.

“Semua ada aturannya. Kita harus mengikuti prosedur yang berlaku agar tidak ada pihak atau Instansi yang merasa dilangkahi,” ujar Kadis BPBD Atim tersebut.

Turut hadir pada kegiatan pagi itu, Danramil 20/Pante Bidari Kapten Inf Wagimin, Geuchik desa Pante Rambong Ramuli Yasin serta masyarakat di sekitar lokasi TMMD ke 101 diselenggarakan. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *