Asian Agri Kampanyekan Pentingnya Makanan Sehat di Sekolah

TEBINGTINGGI (bareskrim.com) | Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Nusa Pusaka Kencana – Kebun Bahilang melakukan kegiatan Penyuluhan tentang Makanan Sehat dan Bergizi pada 14 Mei 2018 di SDN 165717 Kelurahan Tualang Kecamatan Padang Hulu, Kodya Tebing Tiggi. Dimana peserta kegiatan penyuluhan tersebut adalah guru sekolah SDN 165717 dan pedagang yang berada di SD tersebut dengan jumlah peserta 20 orang. Dan sebagai narasumber pada penyuluhan tersebut adalah Pegawai Puskesmas Padang Hulu Ibu Barita br Siregar dan Risma br Purba.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT NPK  – Asian Agri, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para guru dan pedagang makanan disekolah agar menjual makanan yang sehat dan bergizi.

Hal tersebut dikatakan Manager PT NPK, Ronald H Hutapea, bahwa PT NPK atau Kebun Bahilang pada tahun 2018 ini memiliki Program CSR salah satunya adalah penyuluhan tentang makanan sehat dan bergizi untuk SD 165717 di Kelurahan Tualang. “Untuk SD ini, kita juga membantu membuatkan kantin sekolah agar pedagang ataupun anak – anak bisa memanfaatkannya dengan nyaman,” katanya.

Menurut Ronald, banyaknya makanan yang dijajakan di sekolah, tentu saja haruslah dapat dijaga kebersihan dan nilai gizinya. “Sebab makanan ini lah yang menjadi makanan sehari-hari siswa selama berada di sekolah. Oleh karena itu, kami memandang perlu untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para guru dan pedagang makanan sekolah agar tetap menjaga kebersihan dagangannya serta agar menjual makanan yang sehat dan bergizi. Oleh karena itu hari ini kita lakukan penyuluhan makan bergizi serta memfasilitasi kantin sekolah, sehingga lingkungan pedagang menjajakan dagangannya juga bersih. Dengan demikian diharapkan kesehatan para murid dapat terus terjaga,” ujar Ronald.

Pada penyuluhan tersebut, salah satu narasumber Barita br Siregar menyampaikan, bahwa kecerdasan anak sangat dipengaruhi oleh faktor asupan makanan mulai dari bayi, makanya disarankan kepada ibu – ibu untuk memberikan asi ekslusif, setelah itu harus makanan yang sehat mulai dari susu, ikan, daging, sayur, dan buah.

Namun kesemuanya tersebut harus diolah secara sehat dan benar, agar makanan yang dikonsumsi oleh keluarga benar – benar sehat dan bergizi. Dan disekolah pedagang juga turut berperan menyehatkan anak – anak sekolah, makanya makanan yang dijual harus sehat dan bergizi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SDN 165717 Bapak Sarwono SPd juga mengatakan, sangat berterimakasih kepada PT NPK – Asian Agri. “Sekolah kami merupakan salah satu binaan Asian Agri dan Tanoto Foundation, sebulan yang lalu kami para guru mengikuti training tentang Managemen Berbasis Sekolah atau MBS yang dilakukan oleh Tanoto Foundation. Setahun yang lalu saya mengusulkan kepada perusahaan agar membantu pembuatan kantin dengan memanfaatkan lahan yang sempit, dan alhamdulillah pada hari ini sudah direalisasikan oleh perusahaan, sekaligus dilakukan penyuluhan tentang makanan sehat dan bergizi. Hal ini bisa menjadi motivasi kami untuk bisa memberikan manfaat besar kepada anak didik kami,” katanya.

Sebelum adanya kantin ini, kalau hujan turun pedagang mengangkati dagangannya kesana kemari, ada yang diemperan kelas, dan anak – anak juga terganggu. “Dengan adanya kantin ini sekarang sudah lebih nyaman. Dan jika didukung oleh pedagang dengan menjual makanan yang sehat, maka akan mengurangi anak sakit perut, sehingga bisa fokus belajar dan prestasi anak bisa meningkat,” kata Pak Sarwono.

Setelah acara penyuluhan, perusahaan juga melakukan serah terima bantuan pembangunan teras kantin yang diserahkan langsung oleh Manager PT NPK Ronald H Hutapea kepada Kepala SDN 165717 Sarwono SPd dan disaksikan oleh Koordinator CSR Asian Agri Sumut Fajar Suryono, KTU PT NPK Sukamto, para guru, narasumber dan pedagang sekolah. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *