Melalui Buka Puasa Bersama | Unimed Perkuat Ketaqwaan Civitas

MEDAN (bareskrim.com) | Dalam rangka mempererat silaturahim, kinerja dan ketaqwaan civitas Unimed digelar setiap tahunnya di bulan Ramadhan acara buka bersama dan tausyiah Ramadhan.

Buka puasa bersama yang digelar di gedung biro rektor, (31/5/2018), dihadiri oleh Rektor Unimed, Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Guru Besar, Wadir PPs, Wakil Dekan, Kabag, Kassubag, dosen, Senat Mahasiswa dan ratusan undangan mengikuti buka bersama dengan penceramah Ustadz Dr Ahmad Zuhri LC MA yang mengangkat tema “Membumikan Al Qur’an.”

Ustad Ahmad Zuhri mengatakan, Al Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan dan ilmu tauhid, kitab penyempurna dari kitab-kitab suci sebelumnya.

Beliau menceritakan betapa ilmu pengetahuan sangat penting akan tetapi harus dipadukan dengan mendekatkan diri kepada Allah. “Jangan mengulang masa lalu dimana peradaban sebelum masehi manusia sangat tinggi namun meninggalkan agama, maka musibah dan kutukan terjadi kepada mereka. Dan jangan pula mendekatkan diri kepada Allah tetapi meninggalkan ilmu pengetahuan atau tidak mendorong diri untuk meningkatkan potensi diri menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka akan tercipta peradaban yang menjauhkan diri dari agama seperti yang terjadi pada zaman jahiliyah. Oleh karenanya, ilmu pengetahuan dan ilmu agama harus berimbang,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd menyampaikan, manusia beribadah harus berimbang antara hubungan dengan Tuhannya dan sesama manusia.

“Beribadah bukan cuma mengharapkan pahala saja, akan tetapi keridhoan dan keberkahan dari Allah itu yang paling penting. Ibarat bekerja bukan hanya mengharapkan upah saja, akan tetapi kinerja dan prestasi kita juga ditingkatkan,” ujarnya.

Menurutnya, bekerja dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, maka akan berkah hasilnya. “Sesuatu yang baik kita kerjakan, akan berbuah baik pula bagi kita,” ucap Rektor Unimed.

Unimed menggelar buka puasa bersama ini setiap bulan Ramadhan dengan tujuan, agar menguatkan hubungan silaturrahim seluruh civitas. “Kita berharap ibadah puasa yang kita tunaikan ini dapat berkorelasi untuk meningkatkan kinerja dan etos kerja, serta yang terpenting juga ibadah puasa ini dapat membentuk diri kita menjadi insan yang bertaqwa. Karena hanya taqwalah yang akan menghantarkan kita kelak untuk masuk surga yang penuh kemuliaan,” jelasnya.

Setinggi apapun karya akademik dan jabatan di dunia ini, belum tentu itu mampu menjadikan diri bertaqwa. “Kita berharap aktivitas akademik yang kita lakukan di kampus ini mampu kita jadikan ladang menjadi insan yang bertaqwa dan menjadi manusia yang bermanfaat baik bagi orang di sekitar,” cetusnya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *