Inilah Titik-titik Rawan Kemacetan di Sumut | Kota Medan Ada 4 Titik

MEDAN (bareskrim.com) | Polda Sumut mencatat setidaknya ada 41 titik rawan kemacetan pada arus mudik lebaran Idul Fitri kali ini. Apalagi menjelang lebaran, jumlah volume kendaraan dipastikan meningkat.

Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, 41 titik rawan kemacetan tersebut meliputi wilayah, Polrestabes Medan sebanyak 4 titik, Binjai 3 titik, Tebingtinggi 3 titik, Langkat 1 titik, Simalungun 1 titik, Asahan 1 titik dan Labuhanbatu 6 titik.

Kemudian, wilayah Polres Tanahkaro sebanyak 6 titik, Tapanuli Utara (Taput) 1 titik, Dairi 2 titik, Belawan 3 titik, Padangsidempuan 1 titik, Tanjungbalai 2 titik, Tapanuli Selatan (Tapsel) 2 titik, Sibolga 1 titik serta Samosir 1 titik.

“Keseluruhannya ada 41 titik rawan kemacetan di wilayah Sumut,” ucap Tatan, Selasa (5/6/2018).

Untuk mengantisipasinya, lanjut Tatan, selain mengerahkan personel dari Ditlantas Polda Sumut nantinya juga akan dibantu dari petugas Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengurai jalur-jalur kemacetan.

“7.759 personel nantinya yang dilibatkan dalam pengamanan lebaran. Tidak hanya dari Ditlantas tapi juga dari Dishub,” sebutnya.

Sebelumnya, Tatan menyampaikan, untuk pengamanan lebaran selain polisi, operasi ini juga akan melibatkan unsur lain sebesar 2.088 personel. Jumlah ini berasal dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran, dan juga Pramuka.

Tak hanya itu, sambung Tatan, sebanyak 102 pos pengamanan pun akan didirikan. Pos ini sebagian besar berada di Polres-Polres, begitu juga ada sebanyak 33 pos pelayanan dan pos terpadu.

“Salah satu yang harus diantisipasi pada saat ini adalah masalah terorisme. Karena itu, peran dari tiga pilar yaitu Babinsa, Babinkamtibnas dan kepala desa sangat strategis. Kepada Kapolres untuk sinergi dengan tiga pilar ini,” jelasnya.

Namun dalam hal ini, Tatan mengimbau, agar masyarakat dapat berhati-hati dalam melaksanakan mudik nanti. Sebab, Polda Sumut mencatat, terdapat sebanyak 54 lokasi rawan longsor, 33 lokasi rawan banjir, 77 lokasi rawan kecelakaan lalulintas, serta 41 lokasi rawan macet di Sumut.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw, telah melakukan rapat koordinasi lintas sektoral operasi Ketupat Toba 2018 di Mapolda Sumut, pada (30/5/2018), terkait pengamanan hari Raya Idul Fitri.

Rapat ini dihadiri Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Bulog Sumut, Pertamina Sumut, Kanwil Kemenag Sumut, BMKG Sumut, dan pihak terkait lain.

“Rapat kita kali ini adalah konsolidasi untuk menyamakan persepsi sekaligus meminta masukan dari instansi terkait,” kata Kapolda. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *