Bongkar Kios Milik Korban, Sukardi Ditangkap Polsek Sunggal

MEDAN (bareskrim.com) | Kasus pencurian dengan modus bongkar kios milik korban Yusrina Jalil Als Buk Yus, berhasil diungkap petugas Reskrim Polsek Sunggal.

Dalam pengungkapan ini, petugas mengamankan seorang pelaku Sukardi (58) warga Jalan Merpati Gg. Pengangkutan Kelurahan Sei Sekambing B Kecamatan Medan Sunggal.

Kapolsek Sunggal Kompol Yasir Ahmadi SH SIK MH melalui Kanit Reskrim Iptu Budiman Simanjuntak SE menjelaskan peristiwa pencurian itu terjadi di Jalan Rajawali No 55 Kelurahan Sei Sekambing B Kecamatan Medan Sunggal dengan membongkar kios milik, Yusrina Jalil alias Buk Yus pada Pada hari Senin tanggal 18 Juni 2018 sekira Pukul 01.00 WIB.

“Awalnya pelaku sedang berjalan kaki di Jalan Merak Kelurahan Sei Kambing B Kecamatan Medan Sunggal dan kemudian, pelaku di hubungi oleh Bandot (DPO) untuk menyuruh pelaku datang ke Jalan Merpati Gg Angkola Kelurahan Sei Kambing B Kecamatan Medan Sunggal,” kata Iptu Budiman, Senin (25/6/2018).

Sesampainya pelaku Sukardi, kemudian pelaku Bandot dan Putut (DPO) memberitahukan kepada pelaku Sukardi tentang rencananya untuk melakukan pencurian terhadap kios milik korban. “Setelah sepakat dengan rencana yang telah disepakati, pelaku bersama rekannya Bandot dan Putut berangkat ke Kios milik korban pada hari, Senin (18/6) sekira pukul 01.00 WIB. Lalu tepatnya di depan kios, pelaku Putut dan Bandot menutup pintu kios dengan menggunakan meja kayu panjang sebagai penghalang pintu agar pada saat mencongkel gembok pintu tersebut tidak kelihatan oleh warga yang sedang melintas,” jelasnya.

Dalam melakukan aksi pencurian tersebut, Iptu Budiman menjelaskan bahwa peran pelaku Putut mencongkel gembok pintu kios sebanyak dua buah dengan menggunakan pahat besi. Lalu, ketiga pelaku masuk kedalam kios milik korban dan mengambil sebagian barang dagangan milik korban. “Pelaku Sukardi mengambil barang milik korban berupa beberapa bungkus rokok berbagai merk dari dalam steling dagangan milik korban, kemudian Putut mengambil uang tunai sebesar Rp200 ribu yang tersimpan di dalam laci meja dagangan milik korban. Sedangkan pelaku Bandot (DPO) mengambil gula yang berada di dalam karung goni,” ujarnya.

Namun pada saat ketiga pelaku beraksi, tiba tiba pintu depan kios di dobrak oleh seseorang sehingga ketiga pelaku langsung berlari keluar dari dalam kios menuju ke jalan Merpati dan aksi kejar-kejaran pun terjadi antara warga dengan para pelaku.

“Pada saat aksi kejar kejaran, tim pegasus Polsek Sunggal yang sedang patroli seputaran wilkum sunggal melihat keramaian langsung membantu masyarakat mengejar dan pelaku Sukardi berhasil ditangkap. Sedangkan kedua pelaku Bandot dan Putut (DPO) berhasil melarikan diri dari kejaran warga bersama petugas. Kemudian pelaku Sukardi bersama barang bukti langsung diamankan ke mako Polsek Sunggal untuk diproses hukum,” ucapnya.

Atas perbuatanya, pelaku Sukardi harus menjalani hukuman selama 9 tahun penjara dengan Pasal 363 ayat 2 KUHPidana. (Nico/B).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *