Polda Klaim Pilkada di Sumut Aman dan Lancar

MEDAN (bareskrim.com) | Polda Sumut mengklaim, proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Sumut, berlangsung aman dan lancar. Itu sesuai pemantauan dan laporan yang diterima selama proses pemilihan berlangsung.

“Sesuai laporan dan pemantauan, Pilkada Sumut aman dan lancar,” ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada awak media, Kamis (28/6/2018).

Pasca pilkada, harap Nainggolan, perbedaan dalam memilih pemimpin selama proses pilkada jangan sampai menjadikan masyarakat terbelah. Dia berpesan agar masyarakat kembali bersatu seusai memilih pemimpinnya.

“Siapa pun yang menang, mari kita terima dengan lapang dada. Jangan karena perbedaan pilihan kita menjadi bermusuhan. Kepada calon pemimpin, marilah kita tunggu hasil rekapitulasi manual dari KPU Sumut,” katanya.

Sementara, untuk pengamanan suara, Polda Sumut akan mengawal hingga tuntas proses penghitungan suara mulai dari panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemungutan kecamatan (PPK) hingga ke KPUD.

“Seluruh personel yang ditugaskan di daerah, berkewajiban mengawal suara mulai dari PPS, PPK dan KPUD,” sebut MP Nainggolan.

Dari proses pengawalan itu, lanjut MP Nainggolan, belum ditemukan adanya penolakan ataupun kericuhan yang terjadi. “Belum ada, masih aman dan lancar,” katanya.

Polda Sumut, kata Nainggolan, selama proses Pilkada Sumut berlangsung, langsung dipantau oleh Tim Divisi Humas Polri.

“Tim Div Humas Polri, datang sejak tanggal 16 Juni 2018 sebelum Pilkada. Mereka langsung melakukan peninjauan bersama Kapolda ke TPS di Deli Serdang, Binjai dan Medan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Tim Divisi Humas Polri melakukan tinjauan Pilkada berkekuatan 2 orang perwira berpangkat Kombes dan AKBP ditambah 17 orang awak media.

“Hari ini mereka (tim) melakukan peninjauan di PPK Medan kota,” pungkas MP Nainggolan. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *