LSM LIRA: Tangkap Pangkalan Nakal

KUTACANE (bareskrim.com) | Masih maraknya pangkalan nakal yang menjual gas subsidi berukuran 3Kg diatas HET di wilayah Aceh Tenggara (Agara), membuat Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) M Saleh angkat bicara.

Menurutnya, penjualan gas subsidi diatas harga enceran tertinggi (HET) adalah upaya merampas hak bagi warga miskin dan ini termasuk perbuatan bisa dipidanakan.

“Ini perbuatan mafia, bahkan setiap pangkalan penjualan LPG 3 Kg wajib menuliskan harga gas sesuai HET yang sudah ditetapkan oleh pemerintah di spanduk didepan usahanya,” terangnya kepada wartawan awak media Berita Regulasi Sosial Kriminalitas (bareskrim.com), Jumat (6/72018).

LIRA meminta polisi harus menindak oknum pangkalan yang nakal dan hukum harus berpihak kepada masyarakat dan menegakkan kebenaran. “Dan instansi terkait juga kita minta untuk melakukan penertiban jangan hanya diam,” terang Saleh.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan harga enceran tertinggi (HET) untuk pangkalan resmi penjualan gas bersubsidi 3Kg, namun, hal itu masih belum diindahkan oleh para pemilik usaha pangkalan.

Buktinya harga gas subsidi berukuran 3 Kg di Aceh Tenggara (Agara) dijual diatas harga enceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Saya minta kepada PT Gasta mulyo selaku distributor untuk segera menindak pangkalan yang nakal yang tidak mengikuti peraturan yang ada dan klau tidak didengar untuk segera mencabut ijin usahanya,” ujarnya.

Hal tersebut yang langsung terjadi lagi di Pangkalan Rahmat Tani kawasan Pajak Pagi Kecamatan Lawe Bulan, dimana harga satu tabung ‘melon’ dijual Rp 25.000 pertabung. “Padahal harga satu tabung gas melon itu bila sesuai HET hanya Rp 22000 ribu,” ujar Fahmi salah satu warga agara kepada bareskrim.com, Jumat (6/7/2018).

Bahkan hingga berita ini diturunkan, distributor PT Gasta Mulyo yang merupakan pemasok gas bersubsidi di wilayah Aceh Tenggara, tidak melakukan penindakan kepada pangkalan yang nakal. (ijal/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *