Inilah Pemenang Lomba Kesatuan Gerak PKK di Harganas XXV 2018

MANADO (bareskrim.com) | Sejumlah Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut) menerima penghargaan dalam berbagai Lomba Kesatuan Gerak PKK pada kegiatan Pameran dan Gelar Dagang dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018 di Kompleks Megamas, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), (6/7/2018).

Adapun penghargaan itu, antara lain penghargaan Pakarti Madya 2 dalam kategori Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih Sehat diperoleh Pemko Pematang Siantar, Pakarti Utama 3 dalam kategori Kependudukan KB dan Pembanguanan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan diperoleh Pemko Gunungsitoli, Nias dan penghargaan Pakarti Madya 2 kategori Pelaksana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diperoleh Kota Binjai.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua Umum TP PKK Pusat Ny dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada para Ketua TP PKK Kabupaten/Kota.

Erni Guntarti dalam sambutannya mengatakan, Harganas merupakan perwujudan kepedulian dan perhatian dalam upaya menjadikan keluarga sebagai subjek dan objek pembangunan, dalam menciptakan keluarga kecil sehat dan bahagia.

“Melalui tema Harganas XXV, ‘Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana’ mengandung pesan bahwa cinta keluarga dan anak untuk meraih generasi emas tahun 2045 mewujudkan keluarga kecil yang tidak kekurangan,” katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa keluarga tempat persemaian pembentukan karakter dan penilaian kepribadian social, yang nantinya akan membentuk nilai-nilai luhur bangsa demi terwujudnya ketahanan keluarga dan ketahanan nasional.

Kegiatan pameran dan gelar dagang ini, momentum sebagai wahana pembelajaran semangat untuk usaha keluarga kecil, prasejahtera dan mikro lainnya. “Kondisi ekonomi kita masih terus membangun, untuk itu perlu adanya keseriusan dan kesanggupan membantu kelompok mikro Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan pemberdayaan lain, agar dapat berinteraksi guna memasarkan produk unggulan, sehingga dapat membangun pemasaran yang lebih luas, baik kuantitas dan kualitas,“ ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua TP PKK Provsu, Iit Kartika Eko Subowo mengatakan, kegiatan pameran dan gelar dagang ini sebagai pembelajaran dan ajang promosi produk unggulan keluarga kecil dan usaha mikro. Juga untuk membantu peningkatan pendapatan keluarga, dalam hal pemasaran dengan membangun jaringan yang lebih luas. Sehingga produksi keluarga kecil dan mikro ini dapat dipasarkan secara luas, guna membantu peningkatan pendapatan keluarga.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 5-7 Juli 2018 ini diikuti sebanyak 147 stand, yang terdiri dari BKKBN dan pemerintah provinsi seluruh Indonesia, Kementerian, BUMN, OPD Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Manado, serta UKM.

Usai pembukaan, Ketua TP PKK Provsu Iit Kartika mengunjungi stand pameran Dinas Pengendalian Penduduk dan KB bersama BKKBN Provinsi Sumatera Utara di lokasi pameran dan gelar dagang.

Turut hadir Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Pusat Sigit Priyo Utomo, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Walikota Manado Vicky Lumentut, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Drs Temazaro Zega MKes, Kepala Dinas PPKB Provinsi Sumatera Utara dr Ria Nofida Telaumbanua, para Ketua TP PKK Provinsi se Indonesia, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan, para pengurus TP PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan undangan lainnya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *