Dikawal Ketat Tersangka Pengrusakan Kantor Panwaslih Dilimpahkan ke Taput

MEDAN (bareskrim.com) | Penyidik Subdit III/Umum Direktorat Reskrimum Polda Sumut melakukan pelimpahan tahap II berkas berikut 14 tersangka pengrusakan Kantor Panwaslih Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kamis (13/9/2019).

Kerusuhan ini terjadi di Jalan Raja Johanes No 50 Hutagalung Harean, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Taput, tepatnya di Kantor Panwaslih Taput. Penyidikan kasus ini tertuang dalam LP/217/VII/2018/SU/RES TAPUT/SPKT tanggal 16 Juli 2018.

“Tahap kedua kasus kerusuhan Taput sudah kita lakukan. Tersangka dan barang bukti telah meluncur ke Taput dengan pengawalan personel Polres Taput dan personel Ditreskrimum Polda Sumut,” terang Kasubdit III/Umum Ditreskrimum Polda Sumut, AKBP Maringan Simanjuntak.

Adapun ke 14 tersangka yang dilimpahkan, meliputi 13 tersangka kasus pengrusakan masing-masing Diego Maradona Simorangkir alias Maradona, Rudi Tulus Panggabean alias Riccy, Viktor Gultom, Samuel Budiman Pangihutan Sipahutar, Christian Suhendra Herbin Ritonga alias Tian dan Bangkit Tambunan.

Kemudian Parlaungan Hutabarat, Tolkas Hutauruk, Lamhot Parningotan Harahap, Thomson Hutabarat, Joel Parningotan Harahap, Baliher Hutabarat alias Raja Bondar dan Timbul Hutabarat alias Op Yerene. Sementara satu tersangka lainnya kasus penghasutan, yakni Teddy Parsaoran Simanungkalit.

Terhadap ke 13 tersangka diterapkan pasal 170 ayat (1), pasal 410 dan 406 KUHPidana, sementara terhadap satu tersangka penghasutan atas nama Teddy Parsaoran Simanungkalit diterapkan Pasal 160 KUHPidana.

Semengingatkan, ribuan massa menggelar unjukrasa di kantor Panwaslih Taput, Senin (16/7/2018) lalu. Massa pengunjuk rasa melakukan aksinya dengan membawa peti mati dan membakar ban di tengah jalan. Mereka memprotes penanganan Panwaslih terhadap dugaan kecurangan pada pelaksanaan Pilkada Taput.

Pendemo memblokir jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Sipoholon Tarutung. Mereka juga melempari kantor Panwaslih Taput dengan batu dan bom molotov. Akibatnya, kantor pengawas pemilu itu rusak.

Kaca jendelanya berpecahan dan dinding bagian atasnya jebol-jebol. Satu personel kepolisian terluka di bagian kepala akibat lemparan batu.

Pilkada Taput diikuti tiga pasangan calon. Ketiga kandidat, yakni Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat (petahana), Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat-Frengky P Simanjuntak, dan Chrismanto Lumbantobing-Hotman P Hutasoit. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *