Tim Futsal Putri Unimedwomen FC Juara Liga Futsal Nusantara Sumut 2018

MEDAN (bareskrim.com) | Mahasiswi Unimed yang tergabung pada Tim Unimedwomen Fc berhasil menjuarai Liga Futsal Nusantara Sumut tahun 2018 yang digelar pada 10-29 September 2018 di GOR Dispora Sumut, Jalan Pancing. Setelah mengalahkan tim futsal wanita ISORI Asahan dengan skor 3-1.

Kemenangan ini mengantarkan Tim Unimedwomen FC ke Tingkat Regional Provinsi yang akan digelar pada Oktober 2018 mendatang di Lampung.

Sebanyak 28 tim semi pro berlaga pada Liga Futsal Nusantara (LFN) yang terdiri dari 20 tim futsal putra dan 8 tim putri. Liga Futsal Nusantara sendiri merupakan kompetisi kasta kedua besutan Federasi Futsal Indonesia.

Nantinya empat tim putra serta dua tim putri dari LFN ini bakal menempati slot kosong di Pro Futsal League 2019. Liga Futsal Nusantara akan terlebih dahulu dihelat di 34 provinsi seluruh Indonesia. Pasca berakhirnya ajang Pro Futsal League 2018, kompetisi futsal resmi di Indonesia memulai musim baru menyongsong Liga 2019.

Pemenang di tingkat provinsi akan melangkah ke babak 34 besar nasional. Dari babak 34 besar nasional ini akan memperebutkan delapan slot putra serta empat slot putri di putaran final nasional yang berencana digelar pada November 2018 atau pasca gelaran AFF Futsal Championship 2018.

Ketua Pelaksana LFN, T Aulia Rahman menyebutkan, LFN event berjenjang yang berguna meningkatkan gairah futsal di Sumut. Pasalnya, setelah tim-tim yang lolos, akan kembali bertarung membawa nama Sumut di tingkat Regional Sumatera.

Ia menjelaskan, ‎LFN Sumut 2018 merupakan event berjenjang menuju Liga Futsal Profesional (Liga Pro), pemenang dari LFN Sumut 2018 berhak mewakili Sumut untuk berlaga ditingkat Regional Sumatera yang mempertemukan pemenang dari masing-masing juara tingkat provinsi.

“Dua tim terbaik dari tingkat regional Sumatera akan kembali berlaga di tingkat nasional yang mempertemukan pemenang dari masing-masing regional, semifinalis dari Liga Futsal Nusantara berhak lolos ke Liga Profesional 2019 (Liga Pro 2019),” ujarnya.

Kabid Prestasi Dispora Sumut, Joshua Sinurat ‎sangat mengapresiasi kegiatan LFN Sumut 2018. “Saya berharap event ini dapat menjadi wadah telenskoting pemantauan bakat atlit Pra PON Futsal Sumut, yang nantinya akan berlaga di PON Papua 2020,” kata Joshua.

Di tempat terpisah, Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd menyambut bahagia dan mengapresiasi kemenangan yang diraih mahasiswi Unimed.

“Selamat kepada tim futsal putri Unimedwomen FC yang berhasil menjuarai Liga Futsal Nusantara Sumut 2018 sekaligus menjadi perwakilan dari Sumatera Utara. Rasa syukur dan bangga kami sampaikan atas kemenangan ini. Tetap fokus dan jaga kesehatan semoga pada ajang selanjutnya, kita mendapatkan juara sehingga dapat menjadi kebanggaan Sumatera Utara dan mengharumkan nama Unimed, khususnya bidang Olahraga,” ujar Rektor melalui Humas Unimed Muhammad Surip. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *